Ilmu bersemayam hanya pada hati iman

faith-iman-bahasa

Sesesungguhnya ilmu itu bermanzila bersemayam atau hinggap hanya pada hati iman, bukan hati yang tiada beriman, apalagi dihati yang  hanya mengaku beriman.

Ilmu dalam pengertian ini adalah wahyu yang berada disisiNya yang keluar melalui petunjuk Agama Islam yang Haq yaitu melalui Al Quran dan Assunah. Karena itu tidak semua manusia dibukakan hatinya untuk menerima ilmuNya, malainkan hanya kepada yang beriman dan yang dikehendaki Allah SWT diantara hamba-hambanya saja.

Firman Allah: “Maka apakah orang-orang yang dibukakan Allah hatinya untuk (menerima) agama Islam lalu ia mendapat cahaya dari Tuhannya (sama dengan orang yang membatu hatinya)? Maka kecelakaan yang besarlah bagi mereka yang telah membatu hatinya untuk mengingat Allah. Mereka itu dalam kesesatan yang nyata.” (Az Zumar: 22)

Firman Allah : “Dia menurunkan para malaikat dengan (membawa) wahyu dengan perintah-Nya kepada siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya, yaitu: “Peringatkanlah olehmu sekalian, bahwasanya tidak ada Tuhan (yang hak) melainkan Aku, maka hendaklah kamu bertakwa kepada-Ku”.(An Nahl: 2)

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s