Dalam kesulitan sesungguhnya ada kelapangan

Penggalan ayat  dalam surat dalam Al Quran Ash-Sharh atau Al Insyiroh ayat 5-6 yang diulang sampai 2 kali kepada manusia Firman Allah : Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kelapangan, sesungguhnya sesudah kesulitan ada kelapangan

Ayat ini umumnya digambarkan dikala seseorang tertimpa musibah atau kehilangan akan menyadari bahwa Tuhan memberikan itu adalah sebagai pengingat agar kemudian orang itu bersyukur kepadanya dan semakin kuat imannya. itulah dari kesulitan berganti dengan anugerah tetapnya iman.

Dalam hal bisnis ayat ini adalah sumber inspirasi, inovasi bagi orang dalam melihat peluang atau potensi bisnis. Kondisi sulit bukan berarti tidak ada peluang. Peluang ada karena produk dapat memberikan solusi bagi orang atau pihak yang mengalami kesulitan dan juga berkurangnya saingan karena faktor resiko tadi sehingga tidak banyak yang berani memasukinya.

Begitu juga sikap pionir yang dilakukan dalam kegiatan bisnis asuransi untuk dapat memberikan kepastian bisnis agar tetap berjalan.  Hal itu dilakukan oleh Sinar Mas Insurance di Timor-Leste yang pola bisnisnya tercermin atau tergambar atas  rencana bisnis mereka utk memanage, mengelola dan proteksi asuransi untuk bisnis minyak dan gas yg sangat berisiko dan produknya mudah terbakar di Timor-Leste…..dengan kata lain dari resiko dan bencana terbuka peluang bisnis yaitu asuransi.

Itu hanya gambaran bisnis, namun bagaimana gambaran dalam politik saat ini. Dulu politik adalah pekerjaan yang paling dihindari karena didalamnya terdapat pentas yang kejam dari orang-orang yang memperebutkan kekuasaan. Untuk mendapatkan kekuasaan orang kadang saling sikut saling jegal bahkan saling bunuh. Namun dengan kemajuan peradaban manusia dibuatlah sistem berisi aturan main yang tercermin melalui demokrasi.

Dari pentas politik yang dahulunya menyeramkan dan sangat sulit diterjuni, kini politik dapat menghidupi banyak pihak. Lihatlah demokrasi atau pemilu Indonesia banyak pihak yang diuntungkan dengan situasi ini yaitu lembaga survey, percetakan, usaha pengerah demo dan tim sukses. Tim sukses inilah yang tetap untung sekalipun yang dijagokannya itu kalah. Begitu juga pengerah demo juga paling diuntungkan ordernya dari mulai tepuk tangan kepada caleg, demo, mobilisasi masa, pembunuhan karakter lawan adalah bisnis subur saat ini di Indonesia. Pentas politik yang sulit ternyata memberi kelapangan yang banyak di pihak lain.

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s