Demokrasi dan Kepentingan

Democracy-on-the-edge-landing-page-image

Demokrasi adalah pilihan diambil suatu negara dan memiliki tantangan dan tingkat kesulitan tersendiri untuk dapat menggengamnya dengan baik.

Demokrasi sesungguhnya adalah pentas perebutan kepentingan dengan pemberian  akses yang luas diberikan kepada semua pemilik kepentingan bukan hanya elit tetapi juga rakyat.

Pemberian akses yang luas ini harus diwadahi dan diberikan saluran dan cara yang jelas agara artikulasi dan pesan politik dapat tersampaikan. Selain pembangunan sarana politik, komunikasi politik yang baik yang penting adalah bagaimana meningkatkan kesadaran politik dari masyarakatnya

Kesadaran politik masyarakatnya akan dibungkus dengan hak dan kewajiban sebagai warga negara, sehingga ada aturan dan etika dalam berpolitik. Karenanya apapun bentuk pemerintahannya tanpa manual dan aturan main yang jelas serta kesepakatan dari semua pemilik kepentingan yang ada hanya akan menimbulkan chaos semata.  

Demokrasi juga tidak sebatas mampu memilih pemimpin yang dipilih secara sah melalui pemilu, tetapi bagaimana selanjutnya pimpinan yang terpilih bersikap secara bijak dan adil membawa tujuan negara dengan mengakomodir kepentingan  yang ada adalah sebagai tantangan yang tidaklah dibilang mudah.

Bila tatanan politik suatu negara dan komunikasi politik sudah terbentuk dengan baik, maka apapun pimpinan yang terpilih tidak akan menjadi masalah. Kelembagaan dan tatanan hukum yang ada akan menjadi pengawas bila seorang pimpinan menyalahi atau lebih membawa kepentingan diri dan golongannya dari kepentingan rakyat yang akan dipimpinnya.

Walahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s