3 golongan manusia dalam Al Quran

munafik

Al Quran adalah petunjuk untuk manusia. Hal ini sepintas memberikan pengertian bahwa hanya mengatur hubungan vertikal antara pencipta dengan hambanya.

Nyatanya tidaklah demikian, sebagian besar perintah justru lebih banyak terkait dengan hubungan horisontal dengan sesama manusia. Kajian mengenai sifat manusia dan aspek hubungannya inilah yang mendominasi isi Al Quran.

Pengertian lain adalah bahwa Allah secara tegas berfirman bahwa  tidak akan diperoleh sisi vertikal yang baik, bila seorang manusia tidak secara baik berhubungan dengan semua makhluk ciptaaanNya, utamanya dengan sesama manusia.

Karenanya, secara lugas Al Quran menjelaskan hal tersebut, bahwa semuanya adalah terkait dengan manusia yaitu antara lain:

  1. Al Quran diawali Al Fatihah, kemudian Surat Al Baqarah 1-20 langsung yang menjelaskan  perihal manusia dengan memberikan karakteristik 3 golongan manusia yaitu mukmin, kafir dan munafik.
  2. Al Quran ditutup dengan Surat Annas juga tentang manusia.
  3. Begitupula dengan penjelasan shalat yang bermakna vertikal selalu digandengkan dengan zakat yang berdimensi hubungan manusia secara horisontal.
  4. Lalu puasa yang disempurnakan dengan zakat fitrah yang jelas-jelas agar sesama manusia dapat merasakan kegembiraan menjelang hari yang fitri setelah berpuasa.

Dalam penggolongan itu ditampilkan pengertian dan contoh-contoh 3 golongan manusia tersebut. Mukmin dengan 5 ayat pertama, kemudian kafir hanya 2 ayat dan munafik adalah yang terbanyak sebanyak 13 ayat.

  • Orang Mukmin ditampilkan sebagai orang yang beruntung karena selalu menggunakan al Quran sebagai petunjuk menuju taqwa, percaya pada yang gaib dan melaksanakan shalat serta zakat.
  • Orang Kafir ada 2 ayat yang intinya bahwa golongan ini akan mengalami kerugian besar dimana mata hati, pendengaran dan penglihatan ditutup sehingga sama saja diberi peringatan dan tdk diberi peringatan mereka tetap tidak beriman.
  • Sementara golongan ke tiga adalah Munafik ini adalah golongan yang paling rendah dari 2 diatas, mereka tuli, bisu dan buta, dihatinya selalu ada penyakit, suka berdusta dan menipu dirinya, suka membeli kesesatan dengan petunjuk, suka menyeru kebajikan, namun nyatanya kerusakan dimuka bumi yang ditampilkan, suka mengolok-olok keimanan dan suka mencampuradukkan yang hak dan batil.

Banyaknya kareakteristik golongan munafik sebanyak 13 ayat mensyiratkan bahwa golongan manusia serupa inilah yang selalu mendominasi pergaulan atau hubungan antar sesama manusia dari dulu hingga akhir zaman. Semnetara orang mukmin dan munafik sudah sangat jelas.

 Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s