Perbedaan antara ajaran Islam dan Umat Islam

islam-wallpapers-6

Alhamdulilah masyarakat kita saat ini sudah dewasa, dapat membedakan secara tegas mana AJARAN ISLAM (Dienul Islam) dan mana UMAT ISLAM.

AJARAN ISLAM adalah pedoman yang diberikan Allah dengan petunjuknya ada pada Al Quran dan Sunnah yang diberikan Muhammad SAW agar manusia selamat. Ajaran Islam sudah pasti konsisten dgn ajaran dan pedoman selamat bagi diri dan interaksinya dengan lingkungan dalam artian memberi manfaat bagi orang lain.

Sementara UMAT ISLAM adalah individu atau manusianya yg melaksanakan ajaran Islam tersebut. 

Dalam kaitan ini umat Islam wajib tunduk dan patuh serta memegang teguh ajaran Islam, bukan sebaliknya ajaran Islam yang harus tunduk / dirobah menurut kemauan manusia.

Karena itu dalam hal mempelajari ajaran Islam itu, umat Islam bisa benar atau salah,  konsisten atau tidak konsisten dalam menjalankan ajaran Islam tersebut. Terorisme yang ada adalah menunjuk pada perbuatan individu bukan ajaran Islam. Ajaran Islam tidak mengajarkan kekerasan dan memaksakan kehendak dalam pencapaian tujuan kepada orang lain.

Kesimpulannya Ajaran Islam tidak akan diadili, namun umat Islam pasti akan diadili Allah. Ajaran Islam akan selalu dalam pemeliharaanNya, tetapi tidak semua umat Islam akan dipelihara dan diselamatkanNya, kecuali mereka yang teguh dalam beriman dan bertaqwa kepadaNya.

Karena itu antara Ajaran Islam dan Umat Islam tidak dapat diidentikkan, disamakan dan dikaburkan posisinya.

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s