Bismilah untuk tujuan maksiat

bismillah-wallpaper-8

Bismillah memiliki makna yang penting sebagai wujud sifat rahman dan rahim Allah kepada manusia. Segala perbuatan, utamanya amal shaleh hendaknya juga mengawalinya dengan Bismillah. Karena banyak keutamaannya, maka dudukkanlah bismillah pada tempatnya.

Bila bismillah dipakai untuk mengawali usaha yg baik akan mendapat berkah dan ridho dari Allah dan karunia dan rahmat Allah akan tercurah padaNya, Namun demikian ganjaran sebaliknya terjadi bukan ridhoNya yang didapat melainkan  murka Allah bila  penggunaan Bismillah untuk usaha yg jelek atau maksiat.

Naif memang banyak sekarang bila ucapan Bismillah sadar atau tidak sadar digunakan untuk mengawali perbuatan tidak baik seperti korupsi, maling dan perbuatan jahat atau maksiat lainnya,  dikiranya dengan begitu lantas mendapatkan perlindungan Tuhan. Penggunaan Bismillah untuk tujuan ini tidak akan berbalas surga melainkan akan menjadikan Allah murka dan otomatis akan mempercepat langkah  seseorang keneraka.

Imam Gazali menyatakan bahwa esensi kemaksiatan sama sekali tidak berubah, sebaik apapun niat yang dipanjatkan, walau dengan Bismillah sekalipun, maka kemaksiatan tetap kemaksiatan. Upaya untuk mengakali keduanya adalah wujud kebodohan seseorang.

Contoh misalnya memberi makan anak yatim dengan korupsi, maka tetaplah itu digolongkan perbuatan kemaksiatan karena mencampur yang haq dan yang batil. Kemaksiatan yang dilakukan dengan niat yang baik, bukanlah hasil yang baik yang didapat, melainkan akan berlipat ganda dosanya, besar bahayanya dan sudah pasti akan mendapat murka dan siksa Allah.

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s