Merasa paling benar adalah wujud orang kerdil dan tidak sportif

NUCLEAR-IRAN/

Orang yang selalu mencari kambing hitam dengan menyalahkan orang lain sebagai penyebab dia gagal adalah bukti dari kekerdilan dirinya dan sikap tidak sportif yaitu merasa dirinya paling benar dan tidak mengakui kelemahan dirinya.

Sifat kerdil adalah refleksi dari ketakutan yang berlebihan. Sebagai contoh kebencian dirinya terhadap perbuatan seseorang lalu digeneralisasikan bahwa semua orang dekat itu harus dimusuhi.  Sehingga orang lain yang tidak tahu menahu mendapatkan akibat darinya.

Sifat ini dimanifestasikan dari ketakutan negara besar akan teroris, sehingga apapun yang berkaitan dengan itu, keluarga dan kerabatnya serta apapun yang terkait dengan itu harus dibasmi. Ini juga termasuk sifat yang kerdil.

Ada hadist yang menjelaskan agar diri harus melihat segala sesuatunya proporsional dan tidak mengeneralisir sebagai contoh adalah hadist yang diriwayatkan Bukhari dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah Saw bersabda,

“Seorang nabi singgah di bawah pohon, dia digigit oleh seekor semut. Dia memerintahkan agar barang bawaannya dijauhkan dari bawah pohon itu. Lalu dia memerintahkan agar rumah semut itu dibakar. Maka Allah mewahyukan kepadanya, :Mengapa tidak hanya satu ekor semut saja?”

Dalam kaitan lain sifat yang kerdil dapat diwujudkan dalam hal tindakan dengan menyalahkan orang lain atas kegagalan diri. Hal demikian  hendaknya dapat dihindarkan. Menyadari bahwa dalam beberapa hal sebab utama kesulitan dan kejatuhan bukan karena orang lain tetapi lebih banyak karena diri sendiri. Karena itu langkah yang bijaksana adalah melakukan perbaikan atau introspeksi diri.

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s