Menghormati orang tua walau bukan dari golonganmu

hak-hak-orang-lanjut-usia-dalam-islam

Di kisahkan, Sahabat Ali bergegas untuk ke Mesjid untuk shalat shubuh bersama Muhammad SAW. Ditengah perjalanan Ali  bertemu dengan orang tua yang berjalan lambat menghalanginya perjalanan menuju masjid, sehingga ia sangat kuatir ketinggalan salat subuh.

Melewati dan meninggalkan orang tua tsb juga tidak sopan dan kelihatannya orang tua itu memang membutuhkan pertolongan untuk sampai ketujuannya.

Ali  kemudian menyapa dan memperlakukan dengan baik orang itu dengan menggandengnya perlahan untuk sampai ketujuan. Dalam perjalanan itu, Ali akhirnya mengetahui kalau orang tua itu adalah dari Nasrani.

Karena menolong orang tua itu lebih dahulu, Ali tertinggal shalat. Setibanya di Masjid dia melihat Jamaah sedang ruku. Ia bergumam:…”Aku tertinggal shalat namun ‘Alhamdulillah aku tidak kehilangan keseluruhan  untuk shalat shubuh bersama Rasulullulah Saw. Kemudian iapun ikut ruku bersama jamaah lainnya.

Selesai shalat shubuh ramailah para jamaah mempertanyakan Rasulullah Saw kenapa rukunya sangat lama. Rasulullulah Saw bersabda:

“Pada saat ruku ada malaikat yang memintaku agar dapat menunggu  Ali  yang sedang  menyelesaikan urusannya mengantarkan orang tua. Dengan ruku yang lama itu, Ali akhirnya berkesempatan untuk ikut ruku shalat sehinga dirinya  tidak ketinggalan shalatnya bersama kita”.

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s