teladan-rasulullah-saw_31

Tidak ada Nabi/Rasul yang sangat memperhatikan umatnya melebihi apa yang dilakukan Muhammad SAW.

Teladan dilakukan pada hal yang sangat kecil seperti dalam bagaimana menggunakan sepatu / sandal dan melangkahkan kaki di kala ketempat ibadah dalam keseharian kita.

  • Sabda Nabi: Jika orang bersandal, hendaknya mendahulukan yang kanan, dan jika hendak melepas sandal supaya mendahulukan yang kiri. Supaya yang kanan pertama memakai sandal dan yang terakhir melepasnya. (Bukhari Muslim)
  • Disunahkan untuk membalikkan dahulu sepatu sebelum digunakan baru kemudian¬† menggunakan sepatu dimulai dengan yang kanan terlebih dahulu. Dikawatirkan bila tidak dibalik dahulu bisa jadi ada mahkluk kecil lain di sepatu serangga, tikus atau kecoa bersembunyi di sepatu. hal ini tentu tidak maukan bila ini terjadi.
  • Dalam adab masuk ke mesjid juga disunahkan untuk mendahulukan kaki kanan masuk ke mesjid dan menggunakan kaki kiri terlebih dahulu untuk keluar mesjid.
  • Nabi saw juga mencontohkan memperbaiki sendiri sandalnya yang rusak, menjahit bajunya sendiri, memerah susu untuk keluarga, membeli kebutuhan rumah dan hal lain perbuatan yang intinya mengurangi beban / tugas istri. Ini adalah suatu teladan sederhana, namun membantu dalam mendukung kerukunan dan keharmonisan rumah tangga.

Wallahu a’lam

Advertisements