Bohong yang diperbolehkan

Dusta-Bohong-April-Mop

Dalam beberapa hal, kebohongan diperlukan, namun dengan kondisi yang khusus. Beberapa hal di bawah ini dapat menjadi contohnya:

  1. Kebohongan karena kondisi terdesak

Kebohongan yang dilakukan saat terdesak sehingga membahayakan jiwanya atau dalam keadaan perang, banyak kisah yang menceritakan kebohongan serupa ini. Seperti Nabi Ibrahim yang mengelak mengatakan kalau dia yang merusak berhala, malah menjawab kepada raja Namrud: ” Jika berhala itu TuhanMu tanyakan saja pada Tuhanmu itu siapa yang melakukan?”.

2. Kebohongan untuk mempertahankan keimanan

Kisah lain Amar dihadapkan pilihan dikala semua keluarganya dibunuh oleh orang kafir karena mempertahankan iman kepada Allah SWT. Amar kemudian berkata bahwa dia tidak beriman dan mengakui tuhan mereka, sehingga dia selamat. Dalam hal ini Amar hanya mengucapkan, tidak sebenar2nya menjadi kafir, karena Malaikat telah melihat kejadian sebenarnya yang mengancam jiwanya.

3. Kebohongan untuk menjaga keharmonisan rumah tangga

Kebohongan seorang suami kepada Istri dengan maksud untuk menyenangkan. Atau jujur yang diperkirakan dapat mengganggu keutuhan rumah tangganya. Misalnya makanan istri tidak enak, lalu suami bilang enak karena untuk menyenangkan istri.

4. Kebohongan untuk tujuan mendamaikan

Kebohongan yang dilakukan dengan maksud untuk mendamaikan atau menghindari perselisihan. Mengatakan kejelekan satu pihak kepada pihak lain dengan yang bukan sebenarnya dengan mengatakan  :” pihak yang kamu perselisihkan, saya tahu orangnya baik,  tidak pernah menyakiti orang, jadi tidak mungkinlah kalau dia jahat kepada pihakmu”, karena itu saya tidak percaya, kalau pihak itu membenci anda”.

Rasulullah SAW bersabda:

Bohong itu tidak halal kecuali dalam tiga hal (yaitu) suami pada istrinya agar mendapat ridho istrinya, bohong dalam perang, dan bohong untuk mendamaikan diantara manusia”.

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s