Jujur membawa hidup tanpa beban

jujur 1

Jujur adalah perkara hati. Setiap diri sebenarnya sudah ditanamkan oleh Tuhan perihal kejujuran ini, namun diri manusia sendirilah yang mengingkarinya. Lihatlah anak kecil yang dirinya belum dipenuhi nafsu, mudah baginya untuk bicara jujur. 

Jujur berbeda dengan bohong, karena dengan jujur akan menjadikan hidup tanpa beban, sementara dengan berbohong menjadi sebaliknya, sekali bohong dilakukan, maka kita harus siap menutupi dengan kebohongan yang lain, dan itu yang membuat hidup kita menjadi harus terus berpikir keras dan akhirnya menjadi beban. Harus pula disadari semakin pintar kebohongan ditutupi, suatu saat pasti akan ketahuan juga.

Dari ungkapan diatas orang yang berbohong akan dipenjarakan oleh kebohongannya sendiri, sementara orang jujur yang apa adanya akan menikmati kemerdekaan dalam hidupnya.

Bohong atau ketidakjujuran akan membuat diri terancam, namun sebaliknya hidup jujur, tulus, berani tampil apa adanya membuat hidup ringan dan bahagia. Karena itu biasakan untuk jujur, karena kejujuran itu menuntun kita pada kebaikan dan kebaikan itu menuntun kita pada keselamatan.

Jujur adalah perbuatan yang sangat disukai Tuhan juga orang lain, karena jujur membawa kemuliaan dan naiknya harkat dan martabat sebagai orang beriman. Mulailah kejujuran dari hal yang kecil namun konsisten, pastikan tidak ada bohong terucap sehingga setiap perkataan yang keluar terjamin kebenarannya, dan itu akan menuai kekaguman, kewibawaan dan kridibilitas diri akan terangkat.

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s