canda nabi 1

Firman Allah : Sesungguhnya kehidupan dunia hanyalah permainan dan senda gurau. Dan jika kamu beriman dan bertakwa, Allah akan memberikan pahala kepadamu dan Dia tidak akan meminta harta-hartamu. (Muhammad: 36).

Innamal Hayatat dunya laghibun walaghwun : Sesungguhnya kehidupan dunia ini adalah senda gurau”. Karena itu janganlah terlalu serius dalam hal dunia, karena Nabi saw menghadapinya dalam beberapa hal dengan bergurau seperti kisah dibawah ini.

Dikisahkan Rasulullah Saw sedang berbuka puasa dengan para sahabatnya. Rasul dan sahabatnya telah mendapatkan porsi kurma sebagai ta’jil pembuka puasa. Kemudian Umar makan dengan lahap, beberapa butir kurma tandas dimakannya.

Karena dihadapan Rasulullah, Umar malu mengakuinya kalau dia banyak makan kurma. Lalu terpikirlah olehnya untuk menggeser biji-biji kurma kepunyaan Umar ke arah Rasulullah, sementara dihadapan Umar kosong.

Melihat itu Rasulullah hanya tersenyum. Umar berkata “Lihatlah sahabat kalau Rasulullah paling banyak menghabiskan kurma, lihat biji kurma banyak dihadapan beliau”. Rasulullulah kemudian menjawab: “lihatlah sahabat bagaimana rakusnya Umar memakan kurma saja dengan biji-bijinya”. Tergelaklah kemudian semua sahabat mendengar itu.

Wallahu a’lam

Advertisements