Hati bisa terkotori, sementara yang membuatnya bersih adalah Al Quran.

Sabda Nabi : Sesungguhnya Hati itu bisa berkarat sebagaimana berkaratnya besi” Para sahabat bertanya: ” Wahai Rasulullah. lalu apa yang bisa membersihkannya?” Beliau menjawab : ” Membaca Al Quran”.

Disamping membersihkan hati yang kotor, Al Quran juga berfungsi menjaga seseorang dari penyakit hati lebih lanjut. Kemahiran membaca dan berpengetahuan Al Quran acap membuat orang pamer dan bermegah-megahan dengan itu.

Namun demikian tidak perlu kuatir, teruskanlah membaca dan mengambil manfaatnya karena Al Quran atas Izin Allah adalah penjaga dari penyakit-penyakit yang demikian dan melembutkan hatiĀ  sehingga orang mudah untuk bertobat.

Firman Allah : Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman. Katakanlah: “Dengan kurnia Allah dan rahmat-Nya, hendaklah dengan itu mereka bergembira. Kurnia Allah dan rahmat-Nya itu adalah lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan”.

Menguatkan akan hal itu Imam Hasan berkata: Dulu kami menuntut ilmu hanya karena dunia lalu ilmu itu (Al Quran) menarik kami ke akhirat”

Wallahu a’lam.

Advertisements