Beda ilmu pengetahuan, filsafat dan agama

Perbedaan ilmu pengetahuan, filsafat dan agama dapat dilihat antara lain:

  1. Dalam hal pembuktian : Ilmu pengetahuan dan filsafat memerlukan pembuktian/empiris untuk membangun keyakinan, sementara agama berawal dari yakin / keyakinan baru tersingkap hikmah/tabir rahasia dari kebenaran Haq yang bersumber dari wahyu Allah yaitu Al Quran dan teladan Rasul melalui Assunah.
  1. Dalam hal kapasitas: Ilmu pengetahuan dan filsafat membutuhkan kecerdasan dan kepandaian untuk dapat mencapainya dan membutuhkan pengakuan manusia lainnya (lebih pada kapasitas otak dan logika manusia). Sementara belajar agama tidak banyak memerlukan kepandaian, namun hanya cukup menegakkan kesadaran yang membangun keinsyafan diri.(lebih merupakan pada kapasitas akal dan hati)
  1. Dalam hal fokus/orientasi: Ilmu pengetahuan dan filsafat akan fokus pada objek dan kejadian dan membuat kaitannya antar objek dan kejadian menjadi suatu dalil melalui sistematika dan metodologinya yang rumit dan kadang sukar dipahami. Sementara ilmu agama tidak fokus itu saja tetapi lebih jauh fokus pada apa yang mendasari dibalik terciptanya atau bergeraknya objek/kejadian atau bagaimana hikmah di balik penciptaan atau terjadinya sesuatu. Dengan agama orang yang beriman tidak akan terjebak dengan dalil dalil apalagi berdebat panjang karena tuntunan Allah lewat Al Quran dan Sunnah sudah sangat terang dan segera meyakini bahwa Allahlah dibalik semua ciptaan dan kejadian yang dihamparkan itu baik di langit, bumi dan seisinya.
  1. Dalam hal sangsi : Belajar ilmu pengetahuan,.jikalau sudah didapat, tidak masalah kapan untuk diamalkannya dan tidak berpengaruh/ berakibat langsung terhadap diri. Belajar Filsafat, bila tidak dipakai, paling hanya menimbulkan kepincangan dan ketidakstabilan dalam hidupnya. Sedangkan agama bila tidak diamalkan, berlaku sangsi Tuhan.

Lalu bagaimana keterkaitannya?.

Islam tidak meniadakan keberadaan ilmu pengetahuan dan filsafat dengan produknya teknologi sepanjang dengan itu, manusia tidak mendewa2kan hasil temuannya, namun menggunakannya hanya sebagai alat / sarana untuk mendapatkan kemudahan dalam mempelajari, menelaah dan memahami kebesaran dan keagungan Tuhan dalam rangka memperkuat aqidah, ibadat dan muamalat.

Islam tidak menafikan akanĀ  kemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memudahkan kehidupan dan penghidupan itu dan itu harus disikapi dengan penuh kesyukuran. Keyakinan juga bertambah terang karena lambat laun ilmu pengetahuan dan teknologi kemudian mengakui keilmiahan Al Quran, bahwa sesungguhnya tidak ada sesuatu yang diciptakan manusia yang ada hanyalah manusia menemukan / inovasi, mengambil kesimpulan dengan menghubung-hubungkan fakta dari apa apa yang disediakan Allah di muka bumi beserta langit dan seisinya.

Karena itu ilmu pengetahuan, filsafat dan agama sesungguhnya adalah satu kesatuan, bila ilmu pengetahuan atau fisafat yang dibangun tanpa dasar agama akan pincang dan dipastikan akan menimbulkan kesesatan. (Maghfirotul Qulub 1).

Wallahu a’lam

2 thoughts on “Beda ilmu pengetahuan, filsafat dan agama

  1. Good post!
    Agama (Islam) meliputi semua aspek kehidupan dan seorang pemikir Muslim jika tak dapat mencapai sesuatu dengan akalnya akan kembali kepada agama (keyakinan), dan keyakinan pada dasarnya dibangun di atas fondasi empiris. Sementara pemikir Barat menjadi ateis.
    Hanya mungkin, pada titik memulai memahaminya, jika agama pertama dengan yakin lalu menguatkannya dengan pembuktian, dan sain dengan pembuktian lalu yakin benar. Namun, cara masyarakat maju (Barat) untuk meyakini bahwa Islam agama yang banr dengan melakukan pengkajian dan menggunakan nalar sehingga mereka mencapai kesimpulan yakin (‘ainul yakin), dan bukan keraguan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s