Pada suatu hari, ketika Rasulullah hendak memasuki masjid, beliau melihat setan sedang berada didepan pintu hendak memasuki masjid. Setan itu tampak ragu untuk masuk masjid dan tidak. Maka Rasulullah Saw pun bertanya, “Wahai setan, apa yang sedang kamu lakukan disini ?” tanya Rasulullah Saw.

Setan menjawab: ” Aku hendak masuk masjid, dan merusak shalatnya orang itu. Tetapi aku merasa takut kepada orang yang sedang tidur disitu,” katanya sambil menunjuk orang yang sedang tertidur di masjid. “Wahai setan, mengapa engkau takut kepada seseorang yang sedang tidur ketimbang seseorang yang sedang shalat dan bermunajat kepada Allah?” tanya Rasulullah kemudian.

Di tanya demikian, setan pun menyampaikan rahasia mengenai sikapnya tsb kepada Rasulullah:”Ya Rasulullah..Orang yang sedang shalat tersebut adalah orang bodoh, ia tidak tahu syarat hukumnya shalat, tumakninah, dan tidak bisa shalat dengan khusyuk. Sedangkan orang yang sedang tidur itu adalah orang yang alim,” ucap setan kemudian. “Maka jika aku merusak shalatnya orang bodoh itu, aku khawatir, dia akan membangunkan orang yang sedang tidur itu dan kemudian mengajari dan membetulkan shalatnya orang yang bodoh tadi.,” sambung setan kemudian.

Advertisements