Keutamaan Albaqarah dan Ali Imran

Dikala seseorang berupaya untuk mengkhatamkan AlQuran, setelah Ummul Kitab, pasti akan dihadapkan dengan beberapa surat yang banyak dan panjang-panjang ayatnya yaitu Albaqarah dan Ali Imran. Kedua surat itu acap mengendurkan semangat seseorang termasuk saya untuk terus membacanya.

Namun demikian 2 surat ini sangat besar keutamaanya. Ini beberapa hadis terkait keutamaan 2 surat tersebut :

  1. Terjaga rumah dari setan bagi yang membacanya. Sabda Nabi “Janganlah kalian jadikan rumah-rumah kalian sebagai kuburan, sesungguhnya setan itu akan lari dari rumah yang di dalamnya dibacakan surat Al-Baqarah.” (HR. Muslim)
  2. Menjadi penolong atau pembela bagi pembacanya kala di akhirat. Sabda Nabi : “Bacalah Al Quran karena ia akan datang memberi syafa’at kepada para pembacanya pada hari kiamat nanti. Bacalah Az-Zahrawain, yakni surah Al-Baqarah dan Ali Imran, karena keduanya akan datang pada hari kiamat nanti, seperti dua tumpuk awan menaungi pembacanya, atau seperti dua kelompok burung yang sedang terbang dalam formasi hendak membela pembacanya. Bacalah surah Al-Baqarah, karena membacanya adalah berkah dan tidak membacanya adalah penyesalan. Dan para penyihir tidak akan dapat membacanya.” (HR. Muslim)
  3. Tercukupinya kebutuhan bagi yang membacanya. Sabda Nabi : “Barangsiapa yang membaca dua ayat ini, yakni akhir surat Al-Baqarah di suatu malam, maka keduanya telah mencukupinya.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim )
  4. Sebagai pembela pada hari kiamat kelak bagi yang membacanya. Sabda Nabi Saw : “Pada hari kiamat akan didatangkan Al-Qur`an bersama mereka yang mengamalkannya di dunia. Yang terdepan adalah surah Al-Baqarah dan Ali Imran, keduanya akan membela mereka yang mengamalkannya.” (HR. Muslim no. 805).
  5. Didalam surat Albaqarah ada ayat Kursi. Nabi Saw bersabda:’ ” Barang siapa membaca ayat kursi setiap selesai shalat, tiada jarak antara ia dan surga kecuali kematian”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s