Beda belajar perkara agama dan dunia

Sabda Nabi Saw : “Memandanglah keatas untuk perkara agamamu dan memandang kebawah untuk perkara duniamu”.

Artinya memandang keatas ditujukan kepada orang yang belajar agama atau menuntut ilmu. Dalam hal ini dianjurkan Nabi untuk tidak berpuas diri dan melihat ke orang yang diatasnya dalam menuntut ilmu terkait agama.

Namun sebaliknya dalam belajar perkara dunia yang hendaknya dapat memandang kebawah dan berpuas diri. Hal ini adalah cerminan agar selalu bersyukur  terhadap karunia yang telah didapat dengan melihat masih banyak orang lain di bawah yang nasibnya belum tentu sebaik kita.

Rasulullah SAW bersabda: “Lihatlah orang yang dibawah kalian dan janganlah melihat orang di atas kalian, karena yang demikian itu lebih layak bagi kalian untuk tidak memandang hina nikmat Allah yang dilimpahkan kepada kalian.” (Diriwayatkan Muslim dan At-Tirmidzy)

Sekalipun tiada berpuas diri menuntut ilmu, seseorang yang menuntut ilmu menyadari bahwa Ilmu yang diberikan Allah itu hanya sedikit  tidak lebih dari setetes air dari luasnya samudera atau seperti air yang terambil dari paruh bangau yang melintas lautan yang luas. Karena itu orang berilmu butuh ketekunan untuk terus mencarinya.

Tuhan menyukai dengan seseorang yang walaupun ilmu yang diperolehnya sedikit, namun langsung dan konsisten sedikit demi sedikit diamalkan  daripada seseorang yang mengharapkan untuk mendapatkan ilmu yang banyak, namun  akhirnya menjadi kesulitan menjaganya dan akhirnya tidak kuasa diamalkan.

Sementara orang bersyukur meyakini bila dapat menafkahkan rezekinya lebih banyak di jalan Allah dan meminta wasilah Nabi Muhammad SAW, maka rezekinya akan bermanfaat bagi orang lain dan rezekinya dijanjikan Allah akan bertambah dan  berkah bagi dirinya.

Hadis ini juga digunakan untuk menjadi pedoman atau sebagai tolok ukur bagi seseorang apakah  pandai bersyukur atau penyabar. Orang yang pandai bersyukur dan sabar dijanjikan Allah akan  selamat dan sebaliknya akan celaka.

Wallahu a’lam

.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s