Kasih sayang pada binatang meleburkan dosa

cakar-richards-pipit

Dikisahkan Umar sedang berjalan-jalan di kota Madinah, Ia kemudian melihat burung pipit yang sedang dipermainkan anak kecil dengan tanganya. Umar lantas kasihan melihat burung pipit itu. Ia membelinya dari anak itu dan kemudian menerbangkannya.

Ketika Umar wafat, beberapa ulama mimpi bertemu Umar, mereka menanyakan keadaannya.

” Apa yang sudah dilakukan Allah SWT kepadamu?, tanya mereka

” Allah mengampuni dan meleburkan dosa-dosaku”. jawab Umar.

” karena apa? karena kedermawananmu?, karena keadilanmu? atau karena zuhudmu?

Umar menjawab : “Ketika kalian menguburkan aku, menutupi dengan tanah dan meninggalkan aku seorang diri, maka 2 malaikat yang menakutkan mendatangiku. Aku kehilangan akal dan sendi-sendi terguncang karena ketakutan. Mereka lalu mendekati dan mendudukkan aku, bermaksud menanyaiku.

Tiba-tiba terdengar suara keras: Tinggalkan HambaKu !. Janganlah kalian menakut-nakutinya!”. Aku menyayangi dia”. “Semua dosanya telah kuampuni, karena ketika didunia ia telah menyayangi seekor burung pipit, maka dengan itu Aku menyayangi dia, ituĀ  adalah sebagai balasannya”

Sabda Nabi : Orang-orang yang penyayang akan disayangi oleh Allah Yang Maha Penyayang. Sayangilah makhluk yang ada di bumi seisinya, maka Dzat yang ada dilangit akan menyayangi kalian .”

Wallahu a’lam

Leave a Reply

