Makna kebaikan dan keburukan menurut Sheik Abdul Qadir jailani

Sheikh Abdul Qadir Jailani dalam pelajarannya menyatakan bahwa kebaikan dan keburukan adalah buah yang keluar dari dahan yang berbeda namun berasal dari pohon dan akar yang sama.

Satu dahan mengeluarkan buah yang manis itulah kebaikan, sementara dahan yang satunya mengeluarkan buah yang pahit itulah keburukan. Karena itulah jauhilah dahan yang mengeluarkan buah yang pahit dan pergilah keakar itu sendiri.

Jangan dimakan buah yang pahit, karena akan meracunimu. Lalu pelajarilah tentang akar, pengetahuan tentang pohon, dahan dan buah itu sendiri serta tentang sekitarnya.

Jika belum mampu mempelajari atau membedakan buah yang manis dan pahit, janganlah ke pasar atau orang yang menjajakan buah, karena bisa jadi antara buah yang manis dan pahit dapat tercampur.

Bila kamu mendapatkan buah yang manis dan dapat merasakan manfaatnya dan menjadi bahagia karenanya, maka janganlah jadikan diri menjadi  tidak puas dan serakah karenanya. Bila demikian diri akan terus mencari, sehingga menjadi dimungkinkan mendapatkan buah yang pahit.

Karena itu tindakan yang aman dan memberi keselamatan adalah dengan melihat akar, telusuri dahannya yang mana yang memberikan buah yang manis dan mana memberikan buah yang pahit, sehingga diri terhindar dari memakan yang pahit penyebab keracunan.

Kebaikan dan keburukan adalah ketentuan Allah. Perbuatan keduanya Allah yang ciptakan dan terjadi karena IzinNya pula, begitupula dengan hasil atau buah dari perbuatan itu. Allah juga memberikan surga bukan karena perbuatan manusia, tetapi adalah karena izin, pertolongan dan rahmat Allah.

Jadi sekiranya kita dapat berbuat baik dan diberi kelancaran beribadah, maka harus segera dikembalikan bahwa Allah yang menjadikan demikian, mengaruniakan kekuatan untuk kebaikan diri dan melindungi diri dari noda dan dosa.

Firman Allah : Padahal Allah-lah yang menciptakan kamu dan apa yang kamu perbuat itu” (As-saffat: 96)

Wallahu a’lam

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s