Ketenangan dari kebiasaan membaca Al Quran

baca-quran-3

Kebiasaan membaca alquran tiada lain balasannya adalah  ketenangan. Sabda Nabi :

Itu adalah sakinah (ketenangan) yang turun karena al Quran”  selanjutnya sabda Nabi: Bacalah hai fulan! sesungguhnya ia adalah sakinah yang turun di sisi Al-Quran, atau turun untuk Al Quran.” 

Membaca al Quran juga sama artinya dengan mengingat Allah (Dzikrullah) . Didalam beberapa ayat Al Quran selalu disebutkan bahwa seseorang yang menginginkan ketenangan adalah dengan perbanyak mengingat Allah.

Firman Allah : (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.(Ar ra’du : 28)

Al Quran juga memberi ketenangan bagi muslim yang satu dengan yang lainnya, pada saat berkumpul membacanya. Sabda Nabi :

Dan tidaklah satu kaum berkumpul di salah satu rumah Allah, mereka membaca Al Quran didalamnya dan mempelajarinya diantara mereka melainkan ketenangan akan turun kepada mereka, rahmat akan menutupi mereka, malaikat akan menjaga mereka, Allah akan mengingat disisiNya, dan barang siapa dengannya mengakhirkan amalnya, maka nasabnya tidak akan mempercepatnya” (HR Muslim)

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s