Cara nabi Yusuf menyelamatkan Mesir

kisahnabiyusuf-1-728

Nabi Yusuf adalah ahli tafsir Mimpi. Suatu waktu Raja bermimpi dan mimpinya kemudian disampaikan kepada orang-orang  terkemuka di istana:

“Saya bermimpi  ada 7 sapi yang gemuk dimakan 7 sapi yg kurus dan ada 7 gandum yang subur dirusak 7 gandum yang kering”. Mereka menjawab: “(Itu) adalah mimpi-mimpi yang kosong dan kami sekali-kali tidak tahu menta’birkan mimpi itu”.

Diantara mereka kemudian teringat kepada Nabi Yusuf untuk menakwilkan mimpi raja tersebut dan meminta pelayan untuk menanyakan kepada Yusuf . Yusuf menyampaikan apa takwil dari mimpinya itu kepada pelayan dan berkata:

” bahwa tidak lama lagi akan datang 7 tahun kesuburan digantikan 7 tahun paceklik itulah maksud adanya sapi yang gemuk dimakan sapi yang kurus dan gandum yang subur dimakan gandum yang kering.

Raja mendengar hal ini dan meminta agar Yusuf dihadapkan kepadanya. Raja kemudian mempercayai Yusuf dan berkata ” Lalu apa yang harus dilakukan untuk menghadapi itu ?”

Nabi Yusuf  berkata pada Raja : “Sebaiknya mulai saat ini, saat hasil pertanian melimpah,  agar sebagian hasil yang diperoleh pada masa subur di simpan untuk persiapan menghadapi paceklik nanti”.

Benar saja menjelang 7 tahun tersebut Mesir dilanda paceklik yang panjang selama 7 tahun berikutnya. Karena tafsiran mimpi tersebut,  Nabi Yusuf dipercaya untuk menjadi bendahara Istana dan mengangkat derajatnya lebih tinggi untuk mengatasi persoalan paceklik di Mesir.(Surat Yusuf 43-54).

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s