Kedekatan Muhammad Saw dengan anak yatim

Anak-yatim-dalam-islam

Diambil dari buku Jangan bersedih: 150 cerita Hikmah.

Dikisahkan ketika Nabi Muhammad SAW hendak melaksanakan shalat Ied, beliau mengamati anak-anak yang sedang bermain dengan riang, namun diantara mereka ada seorang anak yang menyendiri dipojok sambil menangis. Lalu Beliau mendekati anak itu :”Wahai anak kecil, mengapa kamu tidak bermain dengan teman-temanmu?

Anak itu tidak tahu kalau yang bertanya adalah Rasulullah Saw. Lalu berkata:  “Biarkan aku sendiri! aku menangis karena malu tidak memiliki pakaian yang layak, makanan dan tempat berteduh seperti meraka, ayahku sudah meninggal dalam peperangan bersama Rasulullah Saw, ibuku menikah lagi dengan orang yang menguasai harta keluargaku dan kemudian mengusirku.

Lalu Rasulullah Saw memegang tangan anak itu dan berkata: ” Apakah kamu mau kalau aku menjadi ayahmu, Aisyah ibumu, Fatimah saudaramu, Ali pamanmu serta Hasan Husen sebagai saudara laki-lakimu?”. Bagaimana saya tidak mau wahai Rasulullah ?’ jawabnya baru sadar kalau yang mengajak bicara adalah Rasulullah.

Kemudian Rasulullah Saw membawa anak kecil itu ke rumahnya, kemudian diberikannya pakaian indah, makanan dan minuman yang cukup. Lalu anak kecil itu dapat tertawa riang dan mau bergabung dengan anak-anak yang lain. Anak-anak lain heran dan bertanya: ” Kamu sekarang ceria, padahal sebelumnya kamu selalu bersedih, apa yang terjadi?’.

Jawab anak itu : “Tadi aku lapar, sekarang aku kenyang, tadi aku tidak mempunyai pakaian sekarang pakaianku indah, tadi aku yatim sekarang Nabi Muhammad SAW adalah ayahku, Aisyah Ibuku, Fatimah saudaraku, Ali pamanku”.  Teman-temannya iri melihat hal itu lalu berkata:’ Seandainya ayahku juga mati dalam peperangan tentu akan dipungut oleh Rasulullah”.

Anak itu terus berada didekat Rasulullah hingga beliau wafat. Ketika beliau wafat, anak itu  menangis dan berkata:”  Sekarang aku yatim dan sebatang kara lagi” Kemudian anak itu dipeluk oleh Abu Bakar dan dirawatnya.

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s