Faedah Kisah kisah dalam Al Quran

Kisah-Kisah-Dalam-Al-Quran-Bukti-Mukjizat

Dua pertiga Al Quran berisi kisah-kisah. Walau Al Quran sebagai tuntunan bagi Umat Muhammad, namun faktanya Kisah Al Quran tidak hanya berbicara mengenai kisah nabi Muhammad SAW, melainkan kisah-kisah nabi lainya. Kisah nabi Musa As malah lebih banyak dari Kisah nabi Muhammad SAW dimunculkan dalam ayat-ayatNya.

Kisah kisah dalam bahasa arab adalah berasal dari kata  al Qashash. Al Qashash secara khusus menjadi nama dari salah surat pada Al Quran yaitu surat ke 28.  Pengertian Al-Qashash, secara bahasa artinya menelusuri jejak,  sesuai surat Al Kahfi : 64. (1):

Kisah-kisah dalam Al Quran harus diyakini adalah yang paling baik dan benar.(2). Kisah-kisah Al Quran bukan cerita dongeng yang tiada maknanya, tetapi harus diambil sebagai pelajaran buat dirinya sesuai firman Allah dalam surat Yusuf : 111. (3).

Selanjutnya didalam ayat Al Quran surat Hud : 120 disebutkan bahwa faedah kisah itu adalah pertama akan memperteguh iman karena berisi pengajaran dan peringatan baginya (4). Kisah itu juga memberi bukti atas hukuman Allah kepada suatu kaum . (5)

Mengapa harus diberikan dalam bentuk kisah-kisah?,  ada beberapa alasannya sebagai berikut:

Mempermudah pemahaman lewat kisah

Dibuatnya kisah-kisah nabi dalam Al Quran tersebut adalah untuk memudahkan untuk memahami ayat-ayatNya, melalui cerita dan kisah perumpamaan. Seperti contoh wanita yang kafir adalah Istri Nabi Nuh dan Luth. Sementara yang wanita solehah adalah Asiyah Istri Firaun dan Maryam yang melahirkan nabi Isa As.

Kisah untuk diambil pelajaran

Melalui kisah-kisah itu agar manusia dapat mengambil pelajaran. Manusia jangka waktu hidupnya pendek tidak dapat merekam seluruhnya bagaimana keberadaan manusia terdahulu dan bagaimana yang akan datang. Umat Muhammad sendiri juga berada pada rentang pendek menjelang akhir zaman dibanding umat nabi lainnya.

Dengan kisah itu dapat diambil pelajaran yang lengkap menyangkut hukum kausalitas dan Sunatullah yang berlaku pada setiap keadaan manusia dengan aneka zamannya. Kisah-kisah terdahulu tersebut bukan tidak mungkin kalau dapat terefleksi dengan kondisi masa kini. Dengan uraian Kisah-kisah dalam al Quran, manusia jadi mudah mengingat, sehingga menjadi mudah pula untuk mengerti dan faham.

Nasehat lebih mudah diterima lewat kisah-kisah

secara psikologis manusia sulit untuk menerima nasehat atau sesuatu yang sifatnya perintah dan larangan secara langsung kecuali dengan keyakinan yang kuat. Dengan kisah, Al Quran telah berisikan ajakan yang tidak memaksa dan sangat santun kepada manusia melalui kisah-kisah itu dan tinggal manusia sendiri yang mencerna dan mengambil pemahaman dan pelajaran dari kisah itu.

sebagai solusi masalah lewat kisah-kisah

Pembelajaran melalui kisah, apalagi memiliki kemampuan untuk mentransformasinya dalam kehidupan sehari-hari, akan memudahkan seseorang menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapinya. Prinsipnya adalah semua kejadian atau kisah yang terjadi dimuka bumi adalah cerminan ayat-ayat Allah juga.  Allah maha berkehendak dan berkuasa atas segala kejadian yang terjadi dimuka bumi termasuk menjadikan segala sesuatu sebagai kisah.

Selain kisah-kisah yang ada didalam Al Quran, ada pula kisah-kisah atau hikayat yang diriwayatkan para wali dan aulia yang diperoleh melalui perjalanan hidup orang shaleh atau melalui mimpi. Semua kisah itu diceritakan untuk mendukung pemahaman seseorang akan ilmu agamanya.

Namun demikian ada beberapa ulama yang tidak menyukai disampaikan hikayat dan cerita demikian yang mengkuatirkan dapat membodohi umat dalam belajar agama Islam. Mereka berkeras agar rujukan kisah hanyalah yang keluar dari Al Quran dan hadist semata.

Wallahu ‘Alam bishowab

  1. Firman Allah “Lalu keduanya kembali, mengikuti jejak mereka semula.” (Al-Kahfi: 64).
  2. Firman Allah : “Kami menceriterakan kepadamu kisah yang paling baik dengan mewahyukan Al-Qur`an ini kepadamu.” (Yusuf: 3), dan Firman Allah :“Dan siapakah yang lebih benar perkataan (nya) daripada Allah.” (An-Nisa`: 87) .

  3. Firman Allah :“Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal.” (Yusuf: 111)

  4. Firman Allah: Dan semua kisah dari rasul-rasul Kami ceritakan kepadamu, ialah kisah-kisah yang dengannya Kami teguhkan hatimu; dan dalam surat ini telah datang kepadamu kebenaran serta pengajaran dan peringatan bagi orang-orang yang beriman.(Hud: 120).

  5. Firman Allah : “Dan sesungguhnya telah datang kepada mereka beberapa kisah yang di dalamnya terdapat cegahan (dari kekafiran), itulah suatu hikmah yang sempurna maka peringatan-peringatan itu tiada berguna (bagi mereka).” (Al-Qamar: 4-5).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s