ACD Systems Digital Imaging

Dari Imam Qurthubi. Ibadah yang paling agung adalah membaca Al Quran di dalam shalat.  Shalat adalah keutamaan dari rukun Islam yang 5, karena mencakup semua ibadah, yang membedakan seoarang kafir atau tidak dan sebagai ibadah yang paling dicintai di sisi Allah.

Sejatinya membaca Al Quran adalah juga berdzikir kepada Allah, dalam surat Ali Imran telah diterangkan mengenai bagaimanan keutamaan sikap orang (Ulil Albab ) dalam berzikir yaitu dengan berdiri, kemudian duduk dan selanjutnya berbaring. Berdzikir dengan berdiri itu tidak lain adalah shalat.

Firman Allah :  (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.(Ali Imran 191).

Hal ini dikuatkan dengan hadis. Sabda Rasulullah :

Barang siapa berdiri (mengerjakan shalat) dengan membaca sepuluh ayat maka ia tidak ditulis sebagai orang yang lalai. Barang siapa berdiri (mengerjakan shalat) dengan membaca seratus ayat maka ia ditulis termasuk orang yang patuh. Barang siapa berdiri (mengerjakan shalat) dengan membaca seribu ayat maka ia ditulis termasuk orang yang muqanthirin. (H.R Abu Dawud)

Sabda Rasulullah :

Rasulullah ditanya: Amal apakah yang paling utama di sisi Allah ?, Aku menjawab: ” Membaca Al Quran pada waktu shalat, kemudian membaca Al Quran di luar shalat, sebab sesungguhnya shalat adalah amal yang paling utama di sisi Allah dan yang paling di cintaiNya. Kemudian berdoa dan beistighfar sebab doa adalah ibadah.

Sesungguhnya Allah mencintai orang yang berkata manis di dalam doa. Kemudian sedekah karena sedekah meredam kemurkaan Allah. Kemudian berpuasa karena Allah berfirman : Puasa adalah untukKu dan Aku sendirilah yang membalasnya, puasa adalah benteng seorang hamba dari api neraka. (H. R Baihaqi)

Wallahu a’lam

Advertisements