Orang yang shalat menanggung orang yang tidak shalat

shalat-jumat 3

Dalam surat Al Baqarah ayat 251, telah diungkapkan mengenai tertundanya kehancuran yang ditimpakan oleh Allah atas umat manusia yang satu dengan sebahagian yang lain sebagai berikut:

Firman Allah : Mereka (tentara Thalut) mengalahkan tentara Jalut dengan izin Allah dan (dalam peperangan itu) Daud membunuh Jalut, kemudian Allah memberikan kepadanya (Daud) pemerintahan dan hikmah (sesudah meninggalnya Thalut) dan mengajarkan kepadanya apa yang dikehendaki-Nya. Seandainya Allah tidak menolak (keganasan) sebahagian umat manusia dengan sebagian yang lain, pasti rusaklah bumi ini. Tetapi Allah mempunyai karunia (yang dicurahkan) atas semesta alam. (Albaqarah : 251)

Tertundanya kehancuran adalah adanya korelasi sebab dari orang yang satu atas sebagian yang lain. Maksud sebagian menanggung atau menolong sebagian yang lain adalah dalam kaitan orang yang ibadah membantu orang yang tidak ibadah.

Sesungguhnya bencana yang diakibatkan kemurkaan Allah kepada orang tidak baik (tidak menjalankan ibadah) tertunda karena adanya pertolongan dari hambanya yang baik ( orang yang beribadah).

Hal ini juga dipekuat dengan hadist Nabi Saw perihal tersebut.  Dlam hadist itu dikatakan bahwa Allah juga akan mengampuni dan memaafkan orang yang tidak shalat karena kebaikan orang yang shalat diantara umatku sebagaimana sabda Rasul :

Allah tidak mengirimkan bencana kepada umatku yang tidak shalat karena ibadah umatku yang shalat,  andaikata manusia sepakat untuk tidak shalat, maka sekejab matapun Allah tidak akan perdulikan mereka. 

Allah tidak mengirimkan bencana pada orang yang tidak berzakat karena ibadah umatku yang berzakat. andaikata manusia sepakat untuk tidak berzakat, maka sekejab matapun Allah tidak akan perdulikan mereka.

Alah tidak mengirimkan bencana kepada umatku yang tidak berhaji karena ibadah umatku yang berhaji, andaikata semuanya sepakat tidak berhaji, maka sekejab matapun Allah tidak akan memperdulikan mereka.

Alah tidak mengirimkan bencana kepada umatku yang tidak shalat jumat karena ibadah umatku yang shalat jumat. andaikata semuanya sepakat tidak shalat jumat, maka sekejab matapun Allah tidak akan memperdulikan mereka. (H.R. Ibnu Abbas)

Wallahu a’lam


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s