Pujian sesungguhnya adalah Ujian

doa1

Pujian adalah ujian dikarenakan dengan pujian seseorang menjadi senang sehingga dapat  menjadi lupa. Dengan pujian biasanya orang mudah jatuh, sebaliknya tidak dengan celaan. Banyak contoh yang menyebabkan seseorang bangkit bukan karena pujian malahan berupa  celaan.

Ibnu Athaillah berkata: Orang Mukmin menyadari bahwa pujian sesungguhnya hanya milik Allah. Karena itu  ia akan merasa malu bila menyandang pujian. Ketika seorang mukmin di puji, ia malu kepada Allah karena ia dipuji dengan sifat yang tidak ia dapati pada dirinya.(Alhikam)

Ibnu ‘Ajibah mengatakan, “Janganlah engkau tertipu dengan pujian orang lain yang menghampirimu. Sesungguhnya mereka yang memuji tidaklah mengetahui dirimu sendiri kecuali yang nampak saja bagi mereka. Sedangkan engkau sendiri yang mengetahui isi hatimu. ”

Reaksi orang yang menerima pujian adalah gembira dan saat dicela dia kecewa, hal ini membuktikan sifat kekanak-kanakan dan ketidaktulusan sebagai hambaNya.

Hanya orang yang telah mendapat pencerahan batin yang akan menerima keduanya baik pujian dan celaan, kelapangan dan kesempitan dengan lapang dada. Dan terus mengagungkan dan berprasangka baik kepadaNya bahwa dari keduanya merupakan wujud perhatian dan kasih sayang Allah kepada dirinya.

Doa Abubakar mengatasi pujian: Ya Allah, Engkau lebih mengetahui keadaan diriku daripada diriku sendiri dan aku lebih mengetahui keadaan diriku daripada mereka yang memujiku. Ya Allah, jadikanlah diriku lebih baik dari yang mereka sangkakan, ampunilah aku terhadap apa yang mereka tidak ketahui dariku, dan janganlah menyiksaku dengan perkataan mereka”

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s