Kesukaran diatas kesukaran adalah satunya kata dan perbuatan

kecerdasan-emosi-30-638

Firman Allah : Wahai orang-orang yang beriman, kenapakah kamu mengatakan sesuatu yang tidak kamu kerjakan?Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan.(Surat As-Saf 2-3)

Perkataan tawakal mudah diucapkan tetapi sukar dilaksanakan. Begitu juga namanya niat baik pasti lebih mudah diikrarkan dari merealisasikannya. Pengertian dari hal ini adalah bahwa mengeluarkan ucapan atau pembicaraan pasti lebih mudah jika dibandingkan amal yang wajib dilakukan.

Karena itu untuk mewujudkan amal satu niat dan amal perbuatan bukanlah hal yang mudah. Itulah maksud bahwa satunya kata dan perbuatan adalah kesukaran diatas kesukaran.

Mengapa demikian?, karena ternyata tidak semua orang mau siap untuk bertanggungjawab terhadap apa yang diucapkan. Untuk bertanggung jawab dibutuhkan keberanian dan keikhlasan untuk menerima segala resiko atas perbuatan yang dilakukan.

Karena itu berbeda antara orang yang bertanggung jawab dengan orang yang bisanya tanggung menjawab. Orang yang tanggung menjawab adalah orang yang suka berdialog, berdebat dan menyukai tanya jawab. Setiap persoalan atau pertanyaan cukup diupayakan bagaimana mencari jawabannya, bukan bagaimana realisasinya.

Satunya kata dan perbuatan, satunya niat dan amal sholeh,  dalam Islam sudah dilatih kepada setiap orang mukmin sebagai hal yang sangat diperhatikan. Sikap orang mukmin yang bertanggungjawab itu akan melahirkan sikap disiplin, tertib, tegas dan mudah dipercaya serta menjadi berbudi pekerti luhur.

Karena itu Islam tidak mengajarkan bagaimana orang berusaha, menjauhi kemiskinan, bagaimana mencapai kedudukan yang baik, tetapi lebih lagi bagaimana mewujudkan orang yang berahlaq tinggi.

Ahlaq tinggi tidak mungkin keluar dari amal yang sholeh dan Amal sholeh tidak akan mungkin keluar dari hati iman dan ketekunan diri. Artinya dalam setiap hembusan nafas akan selalu mengingat Allah dan mencapai segala sesuatunya dengan berpedoman kepada Al Quran dan Assunah. (Maghfirotul Qulub buku 2)

Wallahu ‘alam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s