Kematian datang tidak tiba-tiba melainkan ada tandanya

Kisah Ini diambil dari  laman Facebook  Islamic Motivation
TIGA TANDA KEMATIAN YANG PASTI MENEMUI KITA

Dikisahkan bahwa malaikat maut (Izrail) bersahabat dengan Nabi Ya’kub AS. Suatu ketika Nabi Ya’kub berkata kepada malaikat maut. “Aku menginginkan sesuatu yang harus kamu penuhi sebagai tanda persaudaraan kita.”

“Apakah itu?” tanya malaikat maut. “Jika ajalku telah dekat, beri tahu aku.” Malaikat maut berkata, “Baiklah aku akan memenuhi permintaanmu, aku akan memberitahumu akan kematianmu. Aku tidak hanya akan mengirim satu utusanku, namun aku akan mengirim dua atau tiga utusanku kepadamu. Setelah mereka bersepakat, mereka kemudian berpisah.

Setelah beberapa lama, malaikat maut kembali menemui Nabi Ya’kub. Kemudian, Nabi Ya’kub bertanya, “Wahai sahabatku, apakah engkau datang untuk bertemu denganku atau untuk mencabut nyawaku?”

“Aku datang untuk mencabut nyawamu.” Jawab malaikat maut. “Lalu, mana ketiga utusanmu?” tanya Nabi Ya’kub kaget, karena dia tidak merasa menemui  utusan satupun dari malaikatnya. “Sudah kukirim.” Jawab malaikat, “Putihnya rambutmu setelah hitamnya, lemahnya tubuhmu setelah kekarnya, dan bungkuknya badanmu setelah tegapnya. Wahai Ya’kub, itulah utusanku untuk setiap bani Adam.”

Kisah tersebut mengingatkan tentang tiga tanda kematian yang akan selalu menemui kita sesuai firman Allah:  “Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati.” (QS Ali Imran [3]: 185) dan manusia yang pintar adalah yang menyiapkan bekal dengan baik untuk kematiannya. Firman Allah:  “Berbekallah, sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa.” (QS Al-Baqarah [2]: 197).

Leave a Reply

