Kisah Sunan Kalijaga dalam mencari ilmu titik ba

images7

Pelajaran bahwa huruf dalam Al Quran memiliki makna, telah diajarkan Sunan Bonang kepada muridnya yaitu Sunan Kalijaga.

Dikisahkan seorang pemuda berusaha merampok¬† seorang tua renta di jalan. Ternyata orang tua renta itu tidak memiliki harta kecuali tasbih ditangannya. Akhirnya orang tua renta itu menyerahkan tasbih itu kepada pemuda seraya berkata: “silahkan kau ambil ini anakku, hanya ini yang bapak punya, kalau kau ingin lebih banyak lagi, lihatlah ke pohon enau itu.

Pemuda itu kemudian menoleh ke pohon enau itu yang ditunjukkannya. Betapa takjubnya melihat pohon itu berbuah emas dari akar hingga kedaun. Melihat itu si pemuda menyadari kalau dirinya telah berhadapan dengan orang berilmu dan sakti.

Pemuda itu segera meminta maaf dan mencium tangan orang tua itu, seraya memohon: “wahai tuan, perkenankanlah saya menjadi murid, dan hamba mohon maaf atas perlakuan saya terhadap tuan”. Orang tua itu memandang kepada sipemuda dan berkata: “Ilmu apakah yang engkau inginkan dariku”. Si pemuda menjawab sambil menundukkan kepala.” Ilmu titik Ba tuan”

Sambil tersenyum, orang tua itu memegang bahu pemuda dan menyuruhnya berdiri. “Baiklah tetapi aku harus pulang dulu dan tunggulah aku disini” kata orang tua itu. Beliaupun lalu pergi.

Sekitar tiga tahun kemudian, orang tua itu baru teringat kalau dia telah berjanji kepada pemuda itu untuk memberikan ilmu titik Ba. Orang tua itu bergegas menuju arah pertemuan mereka saat pertemuan awal. Betapa terkejutnya orang tua itu dikala melihat pemuda itu sedang duduk semedi ditempat yang dia janjikan dulu dipinggir sungai.

Terlihat kurus dan dirinya telah di jalari dedaunan. Orang tua itu lantas membangunkan si pemuda dan langsung menjadikannya murid dan memberi nama pemuda itu Sunan Kalijaga (Si penjaga Kali). Dan orang tua yang sakti itu adalah seorang wali yaitu Sunan Bonang.

Ini sedikit makna dari titik ba. Inti dari semua ciptaan Allah terefleksi dalam Bismillah. Bismillah menghimpun Al Fatihah dan Alfatihah adalah induk semua kitab (ummul Kitab) semua wahyu yang diturunkan dari shuhuf hingga Al Quran.

Bismillah memiliki 19 huruf, masing-masing memiliki keutamaannya. Namun keutamaan Bismillah bertumpu pada titik ba. Ba sendiri tanpa titik tidak akan bermakna apa2.

Wallahu ‘alam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s