Kisah 3 orang yang mendustakan amanat Tuhan

Dikisahkan pada masa Bani Israel, Allah berkenan menguji 3 orang yaitu si belang, si botak dan si buta. Maka Allah mengutus malaikat kepada mereka.  Sibelang memohon kepada malaikat agar dirinya diberi kulit yang rata dan halus sehingga tidak diejek oleh orang. Malaikat lantas memenuhinya dan segera menyembuhkan kulit orang itu sehingga kulitnya tidak belang lagi. Malaikat kemudian bertanya: “Harta apakah yang engkau inginkan?” jawabnya: ‘Onta”. Lalu diberinya onta yang bunting dan didoakan oleh malaikat agar Allah memberkaihinya.

Selanjutnya malaikat bertemu dengan si botak. Si botak meminta agar dapat ditumbuhkan rambutnya dan malaikat memenuhinya dan langsung si botak memiliki rambut. Hal  yang sama ditanyakan: “Harta apakah yang engkau inginkan? “, Jawabnya : “Lembu”. Lalu si botak diberinya lembu yang bunting sambil didoakan malaikat agar Allah memberkahinya.

Tibalah giliran pada si buta. Malaikat berkata: “Apa yang kamu inginkan?. Si buta menjawab: “aku ingin sekiranya Allah mengembalikan penglihatanku agar aku dapat melihat segala sesuatu”. Lantas malaikat memenuhinya dan ia dapat melihat kembali. Malaikat lantas bertanya: “Harta apa yang kamu inginkan ?”. ” Kambing” jawabnya. Lalu si buta diberikan kambing yang bunting sambil didoakan malaikat agar Allah memberkahinya. Selang beberapa waktu ketiganya telah memiliki piaraan ternak hampir memenuhi lembah dekat kediaman mereka masing-masing.

Kemudian malaikat datang kembali menyamar sebagai orang belang dan berkata: “Saya orang miskin yang kini kesulitan meneruskan perjalanan, maka tidak ada yang dapat menyampaikan aku ke tujuan kecuali pertolongan Allah dan bantuanmu. Aku mohon padamu yang telah mengembalikan kulitmu dan kekayaan onta untuk dapat membantuku”. Jawabnya: “Hak-hak orang masih banyak “. Malaikat tahu lantas mengingatkan: ” Bukankah kamu orang yang kami sembuhkan dan diberi kekayaan onta oleh Allah “. Jawabnya : Sungguh aku telah diwarisi harta ini dari orang tua kami” Malaikat menjawab : “Jika kamu dusta semoga Allah kembalikan kamu seperti semula”

Kemudian malaikat menyamar sebagai orang botak dan menemui sibotak. Hal yang sama dijawab oleh si botak. Lantas malaikat mengetahui dan mengingatkan si botak: “Jika kamu berdusta biar Allah yang mengembalikan kamu seperti semula.

Kemudian malaikat datang menyamar sebagai orang buta menemui si buta dan berkata: Saya orang miskin yang menemui kesulitan meneruskan perjalanan. maka aku tidak akan sampai tujuan kecuali atas pertolongan Allah dan bantuanmu. Aku mohon demi Allah yang telah mengembalikan penglihatanmu dan memberikan kambing mau membantuku sampai tujuan”. Si buta menjawab : “Benar dahulu aku buta, kemudian Allah mengembalikan penglihatanku dan dari semula miskin kemudian Allah mengayakanku, maka kini ambillah sesukamu dan demi Allah aku takkan memberatkanmu dengan sesuatu yang kamu ambil karena Allah itu “. Malaikat kemudian berkata: “Maka tahanlah hartamu, sesungguhnya bertiga telah diuji oleh Allah, maka Allah hanya ridha kepadamu dan murka kepada dua kawanmu itu yang berdusta dengan amanat yang diberikan kepadanya.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s