Carilah rumah dengan lingkungan yang sepadan

rumah-idaman-e1272354761192

Salah satu tanda kebahagiaan didunia adalah memiliki rumah tinggal dengan tetangga yang baik. Memilih rumah atau tempat tinggal memang disarankan untuk melihat bagaimana tetangga dan lingkungannya.

Sabda Nabi : Pilihlah tetangga (lihat calon tetangganya atau lingkungannya dulu) sebelum memilih rumah. Pilihlah kawan perjalanan sebelum memilih jalan dan siapkan bekal sebelum berangkat (bepergian). (HR. Al Khatib).

Namun demikian, saat ini memilih rumah tinggal dengan tetangga dan lingkungan  yang baik gampang-gampang susah. Dengan keaneka ragaman tetangga itu, ada saja kelakuan tetangga dengan sifat serta karakter orang-orangnya yang mungkin disukai atau yang tidak disukai.

Kebanyakan seseorang itu akan bangga bila dapat memiliki rumah dilingkungan elite, kawasan mahal dengan bertetangga orang-orang kaya dan terkenal, Sebaliknya seseorang akan minder dan malu bila rumah berada dilingkungan orang yang susah. Namun pikirkan lagi masak-masak mengenai hal ini.

Ada tips yang sederhana agar dapat hidup nyaman. Dianjurkan selain mencari rumah tinggal dengan tetangga atau lingkungan yang baik, sebaiknya carilah tetangga atau lingkungan yang sepadan secara ekonomi. Alasannya sederhana, bila kita berada di lingkungan atau tetangga yang lebih dari kita, dikuatirkan diri kita beserta anggota keluarga  tidak dapat menahan dan dapat terjangkit iri kepada mereka, misalnya bila tetangga itu berkemampuan dan membeli hal-hal yang mencolok kepada kita.

Namun sebaliknya dengan membiasakan diri hidup lebih atau mewah dihadapan orang lain, secara tidak langsung juga telah memancing kecemburuan / kedengkian orang lain. Disamping itu bila kita berada dengan tetangga yg kurang dari kita atau dibawahnya, kuatirnya diri kita hanya akan menjadi tumpuan permintaan bantuan atau bisa-bisa  sebagai sasaran akan hal hal yang tidak baik karena perbedaan harta yang dimiliki dengan mereka.

Nabi saw menganjurkan untuk hati-hati agar diri dan keluarga dapat membawa diri dengan tetangganya tidak memperlihatkan kelebihan rezeki apalagi kemewahan kepada tetangganya. Sabda nabi saw :

mohonlah pertolongan supaya kebutuhan terpenuhi semua secara diam-diam, sebab setiap orang yang diberi kenikmatan, pasti ada orang  dengki dan dendam kepadanya.

Dalam hal ini rumah seorang muslim harus menghindari  segala perlengkapan yang sifatnya bermewah-mewahan, yang mana hal itu menghilangkan karakteristik seorang muslim yang mendambakan hidup mulia di surga Allah subhanahu wa ta’ala.

Disebutkan dalam hadits bahwa kesederhanaan adalah bagian dari iman. Nabi shalallahu alaihi wasallam bersabda:

Dengarkanlah sesungguhnya kesederhanaan sebagian dari iman, sesungguhnya kesederhanaan sebagian dari iman.“(HR Abu Dawud)

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s