Puasa memperbaiki postur tubuh

Puasa untuk kesehatan tubuh tidaklah diragukan. ini pengalaman saya waktu puasa kemaren:

Sejatinya ibadah itu adalah untuk diri sendiri.  Tidak berkurang kemuliaan Allah bila semua orang taat beribadah dan tidak pula menjadi mudharat bagi Allah bila semua manusia mendurhakaiNya.

Begitu pula dalam puasa, tentu itu harus disadari seyakin-yakinnya bahwa itu untuk kepentingan manusia juga supaya dengan ibadah itu menjadi lebih bersyukur, memiliki empati terhadap orang tidak berpunya dan satu hal lagi menyehatkan badan.

Kaitan sehat tidak lain terjaganya koefisien tubuh sebagai cerminan sehat, tidaklah gemuk dan tidaklah kurus, sebagaimana sering saya sampaikan dibawah ini:

“Satu hal yang saya senangi dengan puasa adalah posisi perut yg awalnya buncit jadi mulai kelihatan rata….Saya jadi bisa memakai jeans kebanggaan saya yang dibeli 5 tahun lalu….tetapi sedihnya celana-celana yang sekarang jadi kedodoran semua kalau dipakai…..jadi kesimpulannya kedodoran pakai celana adalah tanda-tanda kalo orang itu serius menjalankan puasa…”

Karenanya tidaklah perlu melakukan diet ketat, olahraga dan paket kebugaran serta multi vitamin yang mahal hanay untuk mendapatkan tubuh yang fit, cukuplah dengan berpuasa. Bila tujuan akhirat dapat maka duniapun pasti dapat.

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s