Sibuklah dengan cela sendiri daripada cela orang lain

Berbahagialah orang yang selalu disibukkan dengan meneliti cela atau aibnya sendiri daripada meneliti cela atau aibnya orang lain. Perkara dengan menyibukkan meneliti cela dan aib orang lain hanya akan menggerogoti amal-amal baik yang sudah susah payah didapatkan. Itu adalah balasan bagi orang yang melakukan ghibah.

Kesibukan seseorang melihat cela orang lain banyak mengakibatkan waktu, tenaga dan pikiran tersita sehingga tiada waktu untuk memperhatikan cela sendiri. Padahal Allah sangat menganjurkan seseorang melihat celanya sendiri yang merupakan suatu penyakit, dengan mengetahui penyakit sudah tentu dapat diupayakan cara untuk dapat mengobatinya.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu, ia berkata, “Salah seorang dari kalian dapat melihat kotoran kecil di mata saudaranya tetapi dia lupa akan kayu besar yang ada di matanya.” [Semut di seberang lautan nampak, gajah di pelupuk mata tak nampak]. (H.R. Bukhari)

Kesibukan dan keasyikan seseorang untuk melihat cela orang lain memang diharapkan oleh musuh diri yaitu Setan dan Iblis. Dalam suatu riwayat ditampilkan sikap bagaimana melihat cela orang lain yaitu :

‘Abdullah Al Muzani mengatakan, “Jika iblis memberikan was-was kepadamu bahwa engkau lebih mulia dari muslim lainnya, perhatikanlah jika itu terhadap orang lain yang lebih tua darimu, maka seharusnya engkau katakan, “Orang tersebut telah lebih dahulu beriman dan beramal sholih dariku, ”

Jika ada orang lainnya yang lebih muda darimu, maka seharusnya engkau katakan, “Aku telah lebih dulu bermaksiat dan berlumuran dosa serta lebih pantas mendapatkan siksa dibanding dirinya, maka ia sebenarnya lebih baik dariku.” Demikianlah sikap yang seharusnya engkau perhatikan ketika engkau melihat yang lebih tua atau yang lebih muda darimu.” (Hilyatul Awliya’, Abu Nu’aim Al Ashbahani, Mawqi’ Al Waroq, 1/310).

(diambil dari Website Mengenal Ajaran Islam Lebih Dekat)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s