bekal-mati-khusnul-khotimah

Malaikat Israfil adalah salah satu di antara empat malaikat yang paling mulia di sisi Allah SWT Ia ditugaskan untuk meniup sebanyak tiga kali tiupan sangkakala pada hari kiamat. Malikat Israofil memiliki nasehat kepada manusia terkait dengan alam kubur.

Nasehatnya adalah :

“Manusia yang baik dan sungguh beruntung adalah yang:

  1. meninggalkan kesenangan dunia sebelum dunia meninggalkannya,
  2. Membangun dan memakmurkan kuburnya sebelum dia masuk kedalamnya.
  3. Sudah rela atau meraih ridho dengan Tuhannya sebelum dia menemui Nya

“Karena itu barang siapa selagi didunia merasa terpenjara, maka kubur akan menjadi syurga. Barang siapa menjadikan dunia sebagai syurganya, maka kubur akan memenjarakannya. Barang siapa merasa terikat dikala didunia, maka sang maut akan melepaskannya. Barang siapa yang melepas nasibnya didunia, maka ia mendapat nasib yang lebih baik diakhirat nanti”

Dijelaskan oleh Yahya bin Muadz Ar Razi bahwa yang dimaksud meninggalkan kesenangan dunia ialah  menggunakan harta kekayaan untuk berbagai kebaikan sebelum harta itu habis sia-sia.

Yang dimaksud memakmurkan kuburan adalah mengerjakan amal shaleh yang nantinya dapat membuat nyaman di alam kubur. Adapun yang dimaksud meraih ridho TuhanNya adalah melaksnakan semua perintahNya dan menjauhi laranganNya. Dengan demikian, setelah kematiannya, dia menghadap Tuhan dalam keadaan di ridhoi.

Wallahu a’lam

(Kitab Usfuriyah Sheik Muhammad Abubakar)

Wallahu a’lam

Advertisements