Makna rahmat Tuhan mendahului murkaNya

Allah 1

Sabda Nabi :Ketika Allah selesai menjadikan semua makhluk maka Allah menulis tulisan yang ada diatas arasy yang berbunyi RahmatKu  mendahului MurkaKu (Rahmat Allah mengalahkan murka, cobaan dan siksaNya kepada hambanya) (HR Bukhari Muslim)

Bila dikaji pada Al Quran, sifat-sifat Allah yang maha lembut dan maha kasih sayang lebih banyak muncul daripada ayat-ayat yang merupakan perwujudan sifat kerasNya. Karena itu orang beriman akan sportif jujur dan mengakui dengan melihat bahwa karunia dan limpahan nikmat yang diberikan Tuhan kepadanya masih jauh lebih besar daripada kesulitan atau cobaan yang ditimpakan.

Walaupun demikian nikmat dan anugerah tidak selalu berupa kebahagian, namun termasuk juga  kesedihan dan kesulitan. Datangnya kesulitan dan kesedihan yang datangnya dari Allah akan  disikapinya sebagai wujud kasih sayangNya kepada dirinya. Sementara itu bila diri jujur dan sportif banyak kesulitan atau siksa yang didapat adalah karena kebodohan diri  atau ulah diri manusia itu sendiri.

Allah tidak akan menyiksa dan menimpakan kesulitan atau musibah kecuali karena dosa dan kelalaiannya manusia sendiri. Lalai dalam hal ini adalah lalai dalam tidak mengikuti dan karena kurang pemahamannya akan petunjuk wahyuNya. Sayangnya, pada kenyataan ini banyak manusia diberikan siksa berupa musibah atau ujian dahulu, baru kemudian ingat dan baru mau bersyukur kepadaNya.

Dalam hal ini, pedoman Al Quran dengan wahyuNya harus ditempatkan dalam kedudukan yang paling tinggi dari semua pedomannya. Bila tidak akan muncul hal-hal yang lucu melalui hadirnya pendapat demi pendapat, kalimat demi kalimat, lahirnya dalih dalih untuk menutupi kenyataan. Bahasa akan hilang lalu bicara akan habis dan hancur kecuali niat dan perbuatan amal sholeh yang kekal dan akan terus  berada di sisi Tuhan.

Selama menempatkan Al Quran sebagai pedoman setiap diri pasti akan tentram dan bahagia, bagaimanapun besar topan melanda kehidupannya sebagai perwujudan siksaNya. Selama berpegang pada pedoman itu, Insya Allah topan akan lenyap sebagaimana siang berganti malam, gelap berganti terang.(Kitab Makfirotul Qulub buku ke 2)

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s