Faedah surat Al Ikhlash

sura-al-ikhlas_1508591687

Dari Imam Qurthubi, surat Al Ikhlash diturunkan di mekah, terdiri dari 4 ayat, 15 kata dan 47 huruf.  Surat ini terdiri dari tiga bagian yaitu pertama menyebut nama Allah, Ash shamad (tempat bergantung) yang tidak ada dalam surat lain dalam Al Quran, demikian juga Ahad (maha Esa). Membaca surat ini 3 kali setara dengan Al Quran seluruhnya:

Dari Anas bin Malik: Barang siapa membaca QULHUWALLAHU AHAD satu kali sama dengan sepertiga Al Quran. Barang siapa membaca 2 kali berarti sama dengan 2/3 al Quran dan barang siapa membaca 3 kali berarti sama dengan seluruh Al Quran.

Beberapa faedah lainnya adalah:

  1. Membentengi diri dari godaan setan, Sabda Nabi :  “Barang siapa membaca QULHUWALLAHU AHAD  sampai habis setelah shalat shubuh 10 kali, maka ia tidak akan terkena dosa dalam sehari tersebut walau setan ngotot menggodanya”.
  2. Membaca surat ini sama dengan mati syahid. Dari Ubay bin Kaab, Nabi bersabda: Barang siapa membaca surat al ikhlash satu kali maka ia akan diberi pahala 100 syahid.”
  3. Memudahkan masuk syurga Sabda Nabi : Barang siapa membaca 11 kali surat Al Ikhlash maka Allah mengampuninya dan membuatkan rumah yang terbuat dari yakut merah di syurga kelak. Dalam riwayat yang lain Sabda Nabi  “Aku datang kepada nabi, lalu beliau mendengar seorang membaca Al Ikhlash. Lalu rasulullah bersabda: “wajib” ..Aku bertanya apanya yang wajib?.Jawab beliau: “wajib masyuk syurga”.(HR Tirmidzi)
  4. Keberkahan bagi  rumah dan penghuninya. Sabda Nabi :  Barang siapa membaca QULHUWALLAHU AHAD ketika masuk rumahnya, maka kefakiran tidak akan menimpa penghuni rumah itu beserta tetangganya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s