wasilah

Wujud perbuatan syukur juga harus lengkap tertuju kepada Allah untuk berharap barokahNya dan tertuju kepada Rasulullah untuk mendapat syafaat.

Wasilah Rasulullah diperlukan karena Nabi adalah pembawa rahmat bagi seluruh alam dan seluruh umat manusia. Karena itu sangatlah manfaat suatu puji syukur apabila terlebih dahulu berwasilah kepada Nabi Muhammad Saw.

Seseorang yang banyak bersyukur, maka banyaklah ia mendapat barokah dari Allah. Dan seseorang yang bersyukur berwasilah kepada Rasulullah, maka banyaklah syafaat yang diperolehnya. Maka mumpung masih hidup bersyukurlah dengan keduanya.

Perlu disadari bahwa mengamalkan perbuatan syukur bukanlah pekerjaan berat dan sekalipun tidak berat namun bukan pula pekerjaan ringan. Bukan pekerjaan berat artinya tidak sampai untuk mengamalkan syukur seseorang sampai melumpuhkan daya hidup.

Namun tidak pula dibilang ringan sebab tidak banyak orang melakukannya perbuatan syukur dengan tulus ikhlas. Wujud syukur akan mudah bila dilakukan oleh orang yang khusyuk dan berat bagi orang fasik. (Maghfirotul Qulub)

Wallahu a’lam

Advertisements