Keutamaan bersedekah kepada kerabat dan lingkungan terdekat

sedekah-kerabat

Kemajuan teknologi saat ini dalam komunikasi dan media sosial telah mendorong pola hubungan manusia berubah. Media sosial telah merubah prilaku hubungan dimana seseorang menjadi lebih dekat dengan yang jauh dan menjauhkan dengan yang dekat.  Prilaku ini berpengaruh terhadapat perhatian dan sikap tolong menolong pada sesama manusia dalam hal bersedekah.

Dalam bersedekah, Islam mengajarkan untuk proporsional untuk lebih mengutamakan lingkungan terdekat yaitu saudara-saudara sendiri yang masih dalam kerabat dan tetangga. Ada sebuah hadis yang menjadi landasan yaitu :

Nabi bersabda : “Jika salah seorang diantaramu miskin, hendaklah dimulai dengan dirinya, jika ada kelebihan maka untuk keluarganya, jika ada kelebihan lagi untuk kerabatnya.” Atau beliau bersabda : “Untuk yang ada hubungan kekeluargaan dengannya. Kemudian apabila masih ada barulah untuk ini dan itu.” (HR. Ahmad dan Muslim)

Dalam kaitan memenuhi anjuran bersedekah pada lingkungan terdekat, paling tidak terdapat 3 alasan mengenai hal ini:

  1. Melaksanakan amalan sesuai firman Allah : “dan Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka” dan Firman Allah: ” Dan berilah peringatan kepada kerabat-kerabatmu yang terdekat” (As-Shuara: 214),
  2. Pola pemberian sedekah terdapat 2 nilai atau keuntungan sekaligus yaitu keluarga dan kekerabatan. Nabi saw bersabda : “Kedua-dua wanita itu mendapat dua pahala jika mereka memberikan sedekah kepada ahli keluarga mereka yang memerlukan itu. Pertama, pahala karena menghubungkan tali persaudaraan. Kedua, pahala memberi sedekah.”(HR. Bukhari Muslim). Sementara amal untuk mempererat kekeluargaan itu amatlah besar pahalanya. Ali Bin Abi Thalib berkata: “Kalaupun saya dapat mempereratkan seseorang dari saudara-saudaraku itu dengan memberikan satu dirham, maka bagi saya adalah lebih baik daripada saya bersedekah 20 dirham“.
  3. Sedekah dan Zakat mempunyai dimensi sosial.Melalui sedekah, Islam mengajarkan seseorang untuk fokus pada lingkungan terkecil dari masyarakatnya masing-masing. Polanya, setiap orang akan bertanggung jawab pada lingkungan terdekatnya. Bila pola itu dilakukan bersamaan dalam lingkup yang lebih luas, akan timbul multiflier effect, yang akan membantu mempercepat pengurangan ketimpangan sosial.
  4. Pemberian sedekah pada lingkungan terdekat paling tidak, akan menghasilkan kemudahan dalam 2 aspek yaitu pertama, memudahkan sedekah dapat tepat sasaran karena pemberi mengetahui persis keadaan orang yang dibantunya. dan kedua, juga dapat dengan mudah melakukan pengontrolan terhadap sedekah yang diberikan tersebut. Dipihak lain, bila  bersedekah dengan orang lain diluar, misalnya kepada orang asing dan jauh tempatnya pula, diri pasti menemui  2 aspek ini sebagai kesulitan.

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s