maaf

images DDalam kitab Tanbihul Ghafilin, Al Faqih al Samarqandi berkata ada 3 perbuatan yang sangat berat dan itu hanya dilakukan oleh orang yang berahlaq syurga. Karenanya 3 perbuatan itu bila dilakukan akan sangat menenangkan hati ialah:

  1. Berbuat baik kepada orang secara ikhlash dan melupakan apa-apa yang sudah diberi, sekalipun balasan yang diterima adalah  perbuatan jelek.
  2. memaafkan dan mengampuni orang yang berbuat zalim dan menyakiti kita
  3. memberi orang yang tidak mau memberi.

Ahlaq demikian dituntunkan Rasulullah Saw dalam sabdanya:

Saya mempunyai banyak kerabat yang saya eratkan silaturahimnya dengan mereka, namun mereka memutuskan. Saya maafkan namun mereka berbuat zalim. Saya berbuat baik namun mereka berbuat jelek kepada saya. Apakah saya perlu membalas mereka? Nabi menjawab : Tidak, jika demikian, kalian semua bersekutu. Tetapi ambillah kemuliaan dan silaturahimlah kepada mereka karena sesungguhnya selalu ada penolong dari Allah bersamamu selama kamu tetap demikian.

Perbuatan yang pertama adalah cerminan perbuatan ikhlash. Sebenar-benarnya Ikhlash adalah cepat melupakan kala beramal, tidak diingat-ingat  dan tidak berbekas, sehingga tidaklah mengingat untuk mendapatkan balasan atau pamrih.  Tiada bentuk ganjaran dari melupakan amal kepada orang lain yaitu yang dilakukan dengan ikhlash kecuali ganjaran surgaNya.

Dan tiada ganjaran orang yang dapat memaafkan orang lain sekalipun orang itu zalim kecuali Allah memberikan kemuliaan kepadanya.  Dan memberi orang tidak mau memberi, diharapkan itu dapat menggugah dirinya untuk berbuat mau memberi pula. Itulah makna berbuat 3 hal yang sangat sulit itu sebagai ahlaq syurga yang dapat menenangkan hati.

Wallahu a’lam

Advertisements