Inilah 5 ucapan/kesaksian harta yang disedekahkan

Harta-Berlimpah

Sedekah adalah cara untuk membersihkan harta yang kita dapat, sehingga menjadi bersih dan aman, apalagi bila nafkah itu digunakan bukan hanya diri tetapi oleh anggota keluarga kita.

Terdapat pula pengertian bahwa harta atau rezeki sesungguhnya adalah karunia Allah yang keluar dari bumi. Segala sesuatu yang keluar dari bumi awalnya bersifat kotor, fana, sering disebut sebagai alat penguji oleh Allah, karena itu perlu dibersihkan melalui sedekah agar wujudnya dapat berubah menjadi bersih, kekal dan menjadi teman serta bekal yang melindungi seseorang diakhirat.

Seorang yang beriman akan sadar bahwa harta yang didapatnya bukan sepenuhnya milik dirinya, ada hak orang lain didalamnya. Harta yang disedekahkan itulah sebenar-benar harta bagi dirinya yang kekal dan akan menjadi bekal kelak dari seseorang kelak.

Bila harta yang disedekahkan bersaksi, maka ia akan mengucapkan demikian :

  • aku kecil engkau besarkan,
  • aku sedikit engkau perbanyak,
  • aku musuh engkau cintai,
  • aku fana engkau kekalkan,
  • Kamu penjagaku, kini aku menjagamu.

Nabi Saw bersabda:  Sedekah jika dikeluarkan dari tangan pemiliknya, lebih dahulu berada di tangan Allah, sebelum sampai ke tangan orang yang menerima sedekah. Sedekah itu lantas mengucap 5 kalimat: Keadaanku semula kecil, lalu kamu besarkan, Dahulu kamu setia memeliharaku dan kini akulah yang berhak memeliharamu, Dahulu kamu memusuhiku, tapi kini kamu mencintaiku, Dahulu aku fana dan kini kau tetapkan jadi kekal dan dulu aku kecil dan kini kau lipatkan aku menjadi banyak.

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s