2 Malaikat akan menyertai kala bekerja

doa-keluar-rumah1

Bekerja adalah ibadah, karena itu selain diteguhkan dengan niat, hendaknya diawali dengan membaca basmalah dan sebelum melangkah keluar rumah hendaknya juga berdoa. Doa yang acap diucapkan adalah

“BismiLlaahi tawakkaltu ‘alAllaah, laa hawla wa laa quwwata illaa biLlaah”
بسم الله توكلت على الله
لا حول و لا قوة الا بالله.

Ucapan doa ini akan didengar oleh malaikat yang akan mengamininya dan seraya mendoakan agar Allah SWT  mengaruniakan petunjuk, kekuatan dan kecukupan rezeki baginya atas ikhtiar yang dilakukan untuk setiap doa yang dipanjatkan.

Dengan demikian doa keluar rumah untuk bekerja terdiri 3 hal pokok yaitu: pertama adalah menyebut nama Allah, kedua, mengakui tiada kekuatan selain Allah dan ketiga selalu bertawakal kepada Allah.

Tiga doa ini akan langsung dijawab oleh malaikat yang menyertai perjalanan orang tsb. “2 Malaikat” dimaksud di atas yg satu bernama Roqiib dan satu lainnya ‘Atiid. Tugas Roqiib mencatat segala tindak perbuatan baik, sedang ‘Atiid mencatat segala tindak perbuatan buruk.

  • Kala membaca bismillah, malaikat menjawab : Semoga kamu mendapat petunjuk
  • Kala membaca Haqaulah malaikat menjawab : Semoga kamu diberi kekuatan
  • Kala mengucapkan aku bertawakal, malaikat mengucapkan : Semoga kamu tercukupi

Sabda Nabi : Barang siapa berdoa ketika keluar dari rumahnya : Dengan menyebut nama Allah, Aku bertawakal kepada Allah, maka dikatakan padanya: Kamu telah dicukupi, kamu telah diberi kekuatan dan setanpun berteriak menjerit (HR. Tirmidzi).

Sabda Nabi : Apabila seseorang keluar dari pintu rumahnya maka dua malaikat menyertainya, Apabila ia mengucapkan : Dengan menyebut nama Allah, maka kedua malikat itu berdoa: Semoga kamu mendapat petunjuk”. Apabila ia mengucapkan : Tidak ada daya dan kekuatan melainkan dengan pertolongan Allah, maka kedua malaikat itu berdoa: Semoga kamu diberi kekuatan. Apabila ia mengucapkan: Aku bertawakal kepada Allah, maka ia berkata: semoga kamu dicukupi.

Selanjutnya Nabi bersabda : Kemudian kedua malaikat itu bertemu dengan temannya, maka mereka berkata: Apa yang kamu inginkan dari orang ini? Ia telah diberi petunjuk, diberi kekuatan dan dicukupi (HR.Ibnu Majah)

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s