Keutamaan shalat dibanding ibadah lainnya

shalat

Firman Allah :Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Quran) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.(Alankabut: 45)

Salah satu syarat sukses kehidupan seorang mukmin adalah mengutamakan kewajiban dengan melaksanakan 5 kewajiban utama yaitu syahadat, shalat, zakat, puasa dan haji. Dari 5 kewajiban utama tersebut yang terutama adalah adalah shalat 5 waktu. Dalam surat Al ankabut tersebut telah disebutkan keutamaan shalat dibanding ibadah lainnya.

Beberapa keutamaan shalat 5 waktu adalah:

1. Perintah Shalat diterima Nabi Saw  langsung dari Allah.

Shalat 5 waktu merupakan ibadah yang Allah Ta’ala syariatkan kepada Nabi-Nya Saw secara langsung tanpa perantara malaikat. Berbeda halnya dengan kewajiban lainnya yang diwajibkan melalui perantara malaikat. Shalat 5 waktu diwajibkan di langit sementara kewajiban lainnya diwajibkan di bumi.

2.  Shalat untuk kemanfaatan manusia dan pertama kali dihisab sebelum amal lainnya

Shalat membantu hamba meraih kebahagian hidup dan kemulian. Kewajiban shalat tidak berarti manusia mendapat beban hidup yang merugikan dirinya, namun itu adalah sebagai tanda kasih sayang Illahi Robbi untuk menyelamatkan jalan hidup manusia dalam meraih kebahagian dan kemuliaan. Shalat juga dapat mencegah perbuatan keji dan mungkar. Shalat adalah amalan pertama yang akan dihisab pada hari kiamat sebelum ibadah lainnya.

3  Shalat membersihkan tubuh juga dosa.

Dalam hadis disebutkan bahwa shalat disamping membersihkan badan/tubuh juga menghapus kesalahan2/dosa yang telah menimpa diri manusia.  Shalat 5 waktunya itu membuat hamba yang melaksanakannya akan selalu terjaga dalam rentang waktu antara shalat yang satu dengan lainnya.

Sabda Nabi : Jika kamu perhatikan bahwa seandainya ada sungai di depan rumahmu untuk mandi setiap hari 5 kali, apakah kamu akan mengatakan kotoran pada badanmu masih ada? Mereka menjawab : Tidak tersisa kotoran sedikitpun juga. Rasulullah bersabda:  maka itulah contoh shalat 5 waktu yang Allah akan menghapus dengannya kesalahan2 (dosa-dosa)(HR Muslim)

4. Shalat menjadikan seorang hamba kepada Tuhannya menjadi sangat dekat

Shalat dapat membuat seorang  hamba sangat dekat dan bahkan tiada berjarak dengan Tuhannya. Keutamaan shalat ditinjau dari rukun shalat adalah dikala bersujud. Sujud merupakan amalan yang menampakkan tingginya ketundukan seseorang pada Allah.

Ketika sujud, seorang hamba meletakkan anggota tubuhnya yang paling mulia ke tanah untuk dihadapkan pada Allah, Rabb semesta alam. Sujud merupakan jarak terdekat seorang hamba dengan Allah SWT.

Sabda Nabi : ‘Hendaklah engkau memperbanyak sujud (perbanyak shalat) kepada Allah. Karena tidaklah engkau memperbanyak sujud karena Allah melainkan Allah akan meninggikan derajatmu dan menghapuskan dosamu’.”(HR Muslim). dan Sabda Nabi : Keadaan yang paling mendekatkan seorang hamba dengan Tuhannya ialah sewaktu dia bersujud, karena itu perbanyaklah berdoa (HR Muslim)

5. Shalat memiliki waktu dan keutamaan dalam melaksanakannya

Shalat yang dilakukan pada waktu-waktu terbaiknya akan mendapatkan keutamaan dan keberkahan serta doanya dikabulkan Allah.

Firman Allah : “Jagalah oleh kalian shalat-shalat lima waktu dan shalat wustha, serta berdirilah karena Allah dengan taat/khusyuk.” (Al-Baqarah: 238).

Sabda nabi: “Sesungguhnya dekat-dekatnya Allah kepada seorang hamba adalah di tengah malam, maka jika kamu mampu tergolong orang-orang yang mengingat Allah pada saat itu, jadilah.” (HR. Ibnu Khuzaimah).

Sabda Nabi : “Seutama-utama shalat sesudah shalat fardhu ialah shalat sunnat di waktu malam.” (HR Muslim)

Shalat wustho memang dirahasiakan Allah kapan waktunya, banyak ulama menyebutnya pada pertengahan siang antara waktu dhuhur hingga datangnya Ashar dan shalat ashar itu sendiri. Namun demikian memang rahasia Allah kapan shalat wustho itu sebenarnya, agar setiap muslim mau terus menjaga shalatnya agar khusyuk dan tidak lalai. Sementara itu  shalat malam yang baik adalah pada 1/3 malam terakhir menjelang waktu fajar.

Wallahu a’lam

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s