Keutamaan shalat subuh dan ashar

subuh-sholat

Firman Allah : Maka bertasbihlah kepada Allah di waktu kamu berada di petang hari dan waktu kamu berada di waktu subuh.(Arrum : 17)

Shalat adalah tiang agama Islam. Dalam shalat 5 waktu, maka shalat subuh dan ashar adalah yang paling sulit. Shalat subuh terkait banyak atau sebagian besar  manusia masih menikmati dan terlelap tidurnya, sedangkan shalat ashar adalah sebagian besar manusia masih asyik dalam menyelesaikan pekerjaannya hingga tak sadar hingga terlewat waktu ashar.

Karena itu Allah menjanjikan banyak keutamaan untuk 2 shalat ini sebagaimana sebagai berikut:

1. Jaminan masuk surga

Hal ini sesuai dengan sabda Nabi Saw:

Barangsiapa yang mengerjakan shalat pada dua waktu dingin (subuh dan ashar), maka dia akan masuk surga.”(Bukhari, Muslim)

Abu Musa Ra berkata : Rasulullah Saw bersabda: Siapa yang shalat shubuh dan asar tepat pada waktunya pasti masuk surga (Bukhari,Muslim)

2. Kesempatan lebih dekat melihat Sang Pencipta

Sesuai sabda nabi Saw berikut ini:

Sabda Nabi : “Pada suatu malam kami pernah bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, lalu beliau melihat ke arah bulan purnama. Kemudian beliau bersabda, “Sesungguhnya kalian akan melihat Rabb kalian sebagaimana kalian melihat bulan purnama ini. Dan kalian tidak akan saling berdesakan dalam melihat-Nya.

Maka jika kalian mampu untuk tidak terkalahkan dalam melaksanakan shalat sebelum terbit matahari (subuh) dan sebelum terbenamnya (ashar), maka lakukanlah.” Beliau kemudian membaca ayat, “Dan bertasbihlah sambil memuji Rabbmu sebelum terbit matahari dan sebelum terbenamnya.” (H.R. Bukhari Muslim) 

3. Shalat yang disaksikan langsung malaikat

Shalat subuh dan ashar juga diyakini disaksikan malaikat. Tidak saja disaksikan, namun keadaan hamba yang melakukan shalat itu juga dilaporkan langsung oleh Malaikat kepada Allah SWT pada waktu-waktu kedua shalat itu dilakukan.

Sabda Nabi :“Para malaikat malam dan malaikat siang silih berganti mendatangi kalian. Dan mereka berkumpul saat shalat subuh dan ashar. Kemudian malaikat yang menjaga kalian naik ke atas hingga Allah Ta’ala bertanya kepada mereka -dan Allah lebih mengetahui keadaan mereka (para hamba-Nya)-,

“Dalam keadaan bagaimana kalian tinggalkan hamba-hambaKu?” Para malaikat menjawab, “Kami tinggalkan mereka dalam keadaan sedang mendirikan shalat. Begitu juga saat kami mendatangi mereka, mereka sedang mendirikan shalat.” (HR. Bukhari Muslim)

Firman Allah : Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) subuh. Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat).(Al-Isra 78)

4. Shalat yang akan menjadi tanggungan/jaminan Allah SWT

Shalat ini hanya terkait dengan shalat shubuh sesuai Hadist Bukhari Muslim : Barang siapa yang shalat shubuh, maka orang itu akan menjadi tanggungan Allahj dan barang siapa yang memusuhinya maka akan berurusan dengan Allah. Dalam riwayat lain disebutkan bahwa siapa yang memusuhi wali-waliKu maka Aku (Allah) akan perang dengannya

Shalat shubuh sebagai diyakini adalah shalat yang terberat menyimpan banyak keutamaan seperti Sabda Nabi Saw :

Sesungguhnya shalat yang paling berat dilaksanakan oleh orang-orang munafik adalah shalat isya dan shalat subuh. Sekiranya mereka mengetahui keutamaan keduanya, niscaya mereka akan mendatanginya sekalipun dengan merangkak.” (HR. Bukhari Muslim)

5. Shalat yang menjadi rahasia Allah

Hal ini terkait dengan shalat Ashar. banyak ulama yang mengaitkan shalat ashar dengan shalat Wustho. Shalat Wustho disebutkan sebagai shalat yang dilakukan pada pertengahan hari, namun datangnya atau waktunya shalat ini dirahasiakan Allah, hanya kepada hambaNya yang dikehendaki

Firman Allah: “Peliharalah semua shalat, dan (peliharalah) shalat wustha (ashar). Berdirilah untuk Allah (dalam shalatmu) dengan khusyu’.” (Al-Baqarah: 238)

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s