Berdoa: waktu, kondisi, sikap dan tata caranya

doa

Doa seperti halnya shalat adalah media komunikasi seorang hamba kepada kepada Tuhannya. Doa mensyiratkan adanya bentuk pengakuan kelemahan diri seorang hamba untuk dapat memohon, meminta ampun, ungkapan syukur dan mengadukan sesuatunya kepada Allah yang maha kasih dan pemberi.

Terkait dengan doa,  ada  waktu yang baik dalam berdoa,  kondisi / keadaan dalam berdoa, sikap hamba dalam berdoa dan tatacaranya sebagai berikut:

Waktu terbaik berdoa

Di antara waktu yang mustajab adalah hari Arafah, Ramadhan terutama waktu sahur dan menjelang berbuka, sore hari Jumat, sepertiga malam terakhir. Nabi bersabda:  “Allah turun ke langit dunia setiap malam, ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Allah berfirman, ‘Siapa yang berdoa kepada-Ku, Aku kabulkan, siapa yang meminta, akan Aku beri, dan siapa yang memohon ampunan pasti Aku ampuni’.” (HR. Muslim)

Kondisi atau keadaan dalam berdoa

  • Kondisi terbaik untuk berdoa ketika perang, teraniaya, turun hujan, ketika sujud, antara menunggu adzan dan iqamah pada shalat fardhu berjamaah. Abu Hurairah Ra mengatakan, “Sesungguhnya pintu-pintu langit terbuka ketika jihad fi sabillillah sedang berkecamuk, ketika turun hujan, dan ketika iqamah shalat wajib. Manfaatkanlah untuk berdoa ketika itu.”. Sabda Nabi :  “Doa antara adzan dan iqamah tidak tertolak.” (HR. Abu Daud, Nasa’i, dan Tirmidzi) dan Sabda Nabi: “Keadaan terdekat antara hamba dengan Tuhannya adalah ketika sujud. Maka perbanyaklah berdoa.” (HR. Muslim)
  • Kondisi seorang hamba yang memakan makanan dan harta haram menjadi  penyebab  tertolaknya doa. Dari Abu Hurairah Ra, Nabi bersabda: “Wahai sekalian manusia, sesungguhnya Allah itu thoyib (baik). Dia tidak akan menerima sesuatu melainkan yang baik pula. ……. Kemudian Nabi Saw menceritakan tentang seorang laki-laki ……yang mengangkat tangannya ke langit seraya berdo’a, ‘Wahai Tuhanku, wahai Tuhanku’. Padahal, makanannya dari barang yang haram, minumannya dari yang haram, pakaiannya dari yang haram dan diberi makan dengan makanan yang haram, maka bagaimanakah Allah akan mengabulkan do’anya?” (HR. Muslim)

Sikap dalam berdoa

  • Menghadirkan hati, ikhlash dan berkeyakinan untuk dikabulkan. Sabda Nabi :  “Apabila kalian berdoa, hendaknya dia mantapkan keinginannya. Karena Allah tidak keberatan dan kesulitan untuk mewujudkan sesuatu.” (HR. Ibn Hibban)
  • Khusyu’, merendahkan hati, dan penuh harap. Firman Allah : “Sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang selalu bersegera dalam (mengerjakan) perbuatan-perbuatan yang baik dan mereka berdoa kepada Kami dengan harap dan cemas. Dan mereka adalah orang-orang yang khusyu’ kepada Kami.” (QS. Al-Anbiya’: 90)
  • Berdoa dengan suara lembut, yaitu antara samar dan keras.  Firman Allah : “Janganlah kalian mengeraskan doa kalian dan janganlah pula merendahkannya dan carilah jalan tengah di antara kedua itu.” (QS. Al-Isra: 110)
  • Tidak tergesa-gesa dan mengharap agar segera dikabulkan, dan menghindari berprasangkan buruk kepada Allah mengenai hal itu. Nabi bersabda,: “Akan dikabulkan (doa) kalian selama tidak tergesa-gesa. Dia mengatakan, ‘Saya telah berdoa, namun belum saja dikabulkan‘.” (HR. Bukhari dan Muslim)
  • Mengulang-ulang paling tidak 3 kali  seakan meminta dengan sangat sebagai wujud kesungguhan dalam berdoa. Ibn Mas’ud mengatakan, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam apabila beliau berdoa, beliau mengulangi tiga kali. Dan apabila beliau meminta kepada Allah, beliau mengulangi tiga kali. (HR. Muslim)

Adapun tatacara yang dianjurkan  

  • Jika mungkin berwudhu’ terlebih dahulu sebelum berdo’a
  • ·Menghadap Qiblat dan mengangkat tangan. Dari Salman Ra Nabi bersabda, “Sesungguhnya Tuhan kalian itu Malu dan Maha Memberi. Dia malu kepada hamba-Nya ketika mereka mengangkat tangan kepada-Nya kemudian hambanya kembali dengan tangan kosong (tidak dikabulkan).” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi dan beliau hasankan).
  • Mengawalinya dengan pujian dan sanjungan kepada Allah, lalu diikuti dengan bacaan shalawat kepada atas Rasulullah. Sabda Nabi:  “Apabila kalian berdoa, hendaknya dia memulai dengan memuji dan mengagungkan Allah, kemudian bershalawat kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Kemudian berdoalah sesuai kehendaknya.” (HR. Ahmad, Abu Daud.).
  • Doa sebaiknya yang berasal dari Al Quran dan Assunah, Doa yang terbaik adalah doa yang ada dalam Alquran dan Sunah jangan dilebih-lebihkan sehingga laksana bersajak. Firman Allah : Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.” (QS. Al-A’raf: 55)
  • Lalu mengakui dosa yang telah diperbuat, lalu mohon ampunan atasnya. Amal yang sangat dicintai Allah adalah memperbanyak taubat dan istighfar. Dari Abu Hurairah Ra Nabi bersabda: “Tidak ada ibadah yang dilakukan hamba-Ku yang lebih Aku cintai melebihi ibadah yang Aku wajibkan. Ada hamba-Ku yang sering beribadah kepada-Ku dengan amalan sunah, sampai Aku mencintainya. Jika Aku mencintainya maka …jika dia meminta-Ku, pasti Aku berikan dan jika minta perlindungan kepada-KU, pasti Aku lindungi..” (HR. Bukhari)
  • Hindari mendoakan keburukan, baik untuk diri sendiri, anak, maupun keluarga sehingga menjadikan sebagai doa yang buruk, Firman Allah : “Manusia berdoa untuk kejahatan sebagaimana ia berdoa untuk kebaikan. Dan adalah manusia bersifat tergesa-gesa.” (QS. Al-Isra’: 11). Dan Firman Allah :  “Kalau sekiranya Allah menyegerakan keburukan bagi manusia seperti permintaan mereka untuk menyegerakan kebaikan, pastilah diakhiri umur mereka (binasa).” (QS. Yunus: 11). Sabda Nabi : “Janganlah kalian mendoakan keburukan untuk diri kalian, jangan mendoakan keburukan untuk anak kalian, jangan mendoakan keburukan untuk pembantu kalian, jangan mendoakan keburukan untuk harta kalian. Bisa jadi ketika seorang hamba berdoa kepada Allah bertepatan dengan waktu mustajab, pasti Allah kabulkan.” (HR. Abu Daud)

Wallahu a’lam

(Diambil dari http://www.konsultasisyariah.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s