Keutamaan berdoa dengan Asmaul Husna

asmaulhusna

Asmaul Husna merupakan nama sifat-sifat Allah yang sangat baik dan banyak keutamaannya.

Keutamaan berdoa dengannya

Kita disunatkan membaca nama-nama sifat Allah tersebut. Tentunya disampingkan mengamalkan dengan berdzikir, hendaknya nama-nama Allah itu dipahami sehingga sebisa mungkin dapat menerapkan sifat-sifat terpuji itu dalam kehidupan sehari-hari.

Begitu pula dalam berdoa. Doa yang sebelumnya diawali dengan mengucapkan Asmaul Husna  pastilah doa kita akan dikabulkan dan jika kita memohon dengan itu pasti akan diberi Allah SWT.

Firman Allah : Allah SWT, mempunyai asmaul Husna, maka memohonlah kepadaNya dengan menyebut Asmaul Husna itu (Al Araf 180)

Sabda Nabi : Bahwasanya Allah SWT mempunyai nama 99 nama, yakni seratus kurang satu. Barang siapa menghafalnya niscaya akan dimasukkan ke dalam syurga (H.R. Bukhari)

Keutamaan berdoa dengan Asmaul Husna adalah mendapatkan pahala, ampunan, ketenangan , ketentraman, kesuksesan, hati yang terang, terhindar dari musuh, disenangi orang, aman dan selamat, memperoleh kebahagian dan kemuliaan serta kekayaan dari Allah SWT (.Sebagai pembuka pintu-pintu rezeki untuk mendapatkan rezeki yang berkah)

Tuntunan berdoa dengan Asmaul Husna

Namun demikian dalam dalam berdoa menggunakan Asmaul Husna, maka ikutilah seperti yang telah dianjurkan Rasulullah dalam beberapa riwayat hadis di bawah ini:

1. Dari Anas bin Malik Ra

Dari Annas bin Malik Ra, berkata: Nabi Saw masuk ke mesjid menjumpai seseorang yang shalat dan berdoa. Dalam doanya ia mengucapakan: Ya Allah, tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah, Engkaulah ya Allah Dzat yang memberi kenikmatan, Engkaulah yang menciptakan bumi dan langit, Wahai dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan.

Maka Sabda Nabi :  Tahukah kamu sekalian orang itu berdoa dengan apa? Dia menyebut nama Allah yang Agung dalam doanya. Yang apabila namaNya disebut, Allah pasti mengabulkan doanya, dan apabila mohon sesuatu dengannya pasti diberi (HR Imam Abu Dawud)

2. Sa’ad Bin Malik Ra

Sa’ad bin Malik Ra berkata, sabda Nabi :

Apakah kamu sekalian senang apabila saya tunjukkan nama Allah yang Agung, yang jika berdoa dengannya pasti dikabulkan dan apabila memohon dengannya pasti diberi?. Itulah doa nabi Yunus ketika berdoa di kegelapan.

Doanya adalah : Tiada Tuhan melainkan Engkau, Maha Suci Engkau ya Allah, sesungguhnya aku termasuk golongan orang-orang yang aniaya. Lalu seseorang bertanya kepada beliau : Wahai Rasulullah apakah doa tadi khusus buat Nabi Yunus apakah juga buat seluruh orang mukmin?

Rasulullah bersabda: Apakah kamu sekalian belum mendengar firman Allah: Dan kami telah menyelamatkannya daripada kedudukan, dan demikianlah Kami selamatkan orang-orang yang beriman (H R Al Hakim).

3. Aisyah Ra

Pada suatu ketika Nabi Saw bertanya kepada Aisyah:

“Aisyah apakah engkau tahu bahwa Allah telah menunjukkan nama yang bila dipergunakan untuk berdoa maka doa itu akan dikabulkan?. Aisyah menjawab : Wahai Rasulullah ajarkan hal itu kepadaku”. Rasulullah Saw bersabda :Sesungguhnya hal itu tidak kuajarkan kepadamu, Aisyah. Sesungguhnya engkau tidak layak meminta sesuatu didunia ini dengan nama itu.”.

Selanjutnya Aisyah mengatakan : Setelah itu aku beranjak dari tempat duduk dan berwudhu, kemudian shalat dua rakaat, lalu berdoa. Ya Allah, sesungguhnya aku berdoa kepadaMu, Ya Allah, aku berdoa kepadaMu, Ya Arrahman, aku berdoa kepadaMU, Ya al Bar ar Rahim. Aku berdoa kepadaMU dengan seluruh namaMu yang Indah, yang kuketahui maupun yang tidak kuketahui, agar Engkau mengampuni dan mengasihiku. Kemudian Rasulullah tersenyum sambil bersabda: Sesungguhnya nama itu ada diantara nama-nama yang engkau sebutkan dalam doamu ( HR Ibnu Majah) .

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s