Cara berdagang Ikhlash Ali Bin Abi Thalib

unta siluet copy

Alkisah dirumah Ali Bin Abi Thalib ada 5 orang yaitu Istrinya Fathimah, dan 3 anaknya Hasan, Husein dan Harits. Mereka sudah 3 hari tidak makan. Fathimah memiliki sehelai kain dan bermaksud menjualnya untuk kebutuhan makan keluarga itu. Kain itu diberikan kepada Ali untuk dijualnya ke pasar dan kain itu akhirnya laku seharga 6 dirham.

Ketika hendak pulang, bertemulah Ali dengan orang fakir, melihat itu Ali tidak tega dan menyerahkan uang 6 dirham itu untuk disedekahkan kepada orang itu. Lalu datanglah malaikat Jibril dengan rupa manusia membawa onta, berkatalah Jibril: Ya Abu Hasan! maukah engkau membeli ontaku?. “Aku tidak punya uang”,  Jawab Ali. “Bayar belakangan tidak apa”, sahut Jibril. Lalu Ali bertanya: “Berapa harganya?”. “100 dirham”, jawab Jibril.

Maka Alipun mengambil unta itu tanpa harus membayarnya terlebih dahulu. Diperjalanan ia bertemu dengan Mikhail dalam rupa manusia. Mikhail bertanya, “Apakah kamu menjual untamu, Hai abu Hasan?”. “Ya aku menjualnya”, jawab Ali. “Berapa dulu kamu membelinya?” tanya Mikhail. “100 Dirham” Jawab Ali. “Baiklah aku akan memberimu laba 60 dirham”, sambung Mikhail.

Alipun setuju dan menjual unta tersebut dengan harga 160 dirham. Lalu Ali pulang dan segera menemui Jibril terlebih dahulu untuk membayar hutangnya yang 100 dirham. Dengan demikian ali memiliki laba 60 dirham dari hasil jual beli itu. Ali lalu pulang. Setibanya dirumah bertanyalah Fatimah: “Darimana engkau?”. “Aku berdagang dengan Allah dengan modal 6 dirham, lalu Allah memberiku 60 dirham, berarti setiap 1 dirham digandakan 10 dirham”. Jawab Ali.

Kemudian Ali menjumpai Nabi Saw dan menceritakan kisahnya. Maka Nabi Saw bersabda kepada Ali :

“Wahai Ali, ketahuilah penjual yang menjual unta padamu adalah Jibril dan yang membelinya adalah Mikhail. Adapun untanya adalah kendaraan Fathimah di surga kelak. Wahai Ali, kamu telah diberi 3 keistimewaan yg tidak dimiliki orang lain. yaitu : kamu memiliki istri yang akan menjadi pimpinan wanita di surga, kamu memiliki 2 putra yang akan menjadi pimpinan pemuda di surga dan kamu memiliki mertua yang menjadi pimpinan para Rasul.

Maka bersyukurlah kepada Allah atas semua yang dianugerahkanNya kepadamu”..

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s