Al Quran dan ilmu adalah warisan para Nabi

warisan nabi

Imam Qurthubi dalam kitabnya Rahasia Al Qur’an berkata: “ketahuilah bahwa para Nabi termasuk Nabi Muhammad Saw tidaklah mewariskan harta dunia, namun yang diwariskan adalah Kitab suci dan Ilmu. Warisan Nabi Muhammad adalah ilmu dari segala sumber ilmu yaitu Al Quran”.

Warisan para nabi berupa ilmu ini jauh lebih bermanfaat daripada warisan berupa harta dunia yang seringkali mereka perebutkan.  Karena itu tidaklah pernah dijumpai suatu umat nabi yang kemudian  ribut karena memperebutkan warisan para nabi mereka?

Nabi Saw bersabda: Barang siapa menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan melapangkan jalannya menuju surga. Dan sesungguhnya para malaikat meletakkan sayap-sayapnya karena ridha kepada orang yang menuntut ilmu. Sesungguhnya orang yang berilmu itu dimintakan ampun oleh semua yang dilangit, yang dibumi, dan ikan yang didalam air.

Sesungguhnya keutamaan orang berilmu atas orang yang beribadah itu sebagaimana keutamaan orang seperti  rembulan di bulan purnama atas semua bintang. Sesungguhnya para ulama adalah ahli waris Nabi. Sesungguhnya para Nabi tidak mewariskan dinar dan dirham, tetapi mereka mewariskan ilmu, Barang siapa mengambilnya, maka ia telah mengambil bagian yang cukup (H R Ibnu Majah) .

Ada sebuah kisah yang diriwayatkan oleh Ath-Thabraani dalam Al Ausath dengan sanad hasan dari Abu Hurairah, bahwasanya suatu ketika Abu Hurairah melewati pasar di kota Madinah, lalu beliau berhenti di sana. Beliau berkata, “Wahai orang-orang yang di pasar, alangkah ruginya kalian!”.

Mereka menjawab: “Ada apa wahai Abu Hurairah?!”. Dia berkata: “Di sana ada warisan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sedang dibagikan, kenapa kalian masih di sini? Kenapa kalian tidak pergi ke sana mengambil bagian kalian?”.

Mereka menjawab: “Di mana itu?!” Dia berkata: “Di Masjid.”Lalu orang-orang tadi bergegas menuju ke masjid, sedangkan Abu Hurairah masih tetap menunggu di pasar hingga orang-orang tadi kembali.

Ketika mereka kembali ke pasar Abu Hurairah bertanya kepada mereka: “Kenapa kalian kembali?” Mereka manjawab: “Wahai Abu Hurairah! Sungguh kami telah pergi ke masjid dan kami tidak melihat apapun dibagikan di sana!”

kemudian Abu Hurairah bertanya kepada mereka: “Bukankah kalian melihat ada orang di sana?” Mereka menjawab: “Tentu saja, kami melihat ada sekelompok orang yang sedang sholat, sekelompok yang lain sedang membaca Al Qur’an, dan sekelompok yang lain lagi sedang menyebutkan tentang perkara halal dan haram!”

Maka Abu Hurairah berkata kepada mereka: “Sesungguhnya itulah warisan Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.”

Inilah yang dimaksud oleh nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan warisan para nabi, sesungguhnya para nabi tidaklah mewariskan dinar dan dirham akan tetapi sesungguhnya mereka mewariskan ilmu.

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s