Bukan amal Ibadah yang membawa seseorang ke Surga

surga rahmat

Alkisah, ada seorang yang rajin beribadah. Saking rajinnya, maka Allahpun menyayanginya, sehingga apa yang diminta, selalu dikabulkan Allah. Sampai suatu hari ia berdoa agar diberi tempat yang paling nyaman dalam beribadah, yaitu tempat yang sunyi dan tercukupi bahan pangannya. Dengan begitu ia bisa lebih khusyuk beribadah, tak ada hal lain yang menghalangi ibadahnya. Ia berjanji bahwa hidupnya hanya akan digunakan beribadah kepada Allah.

Mendengan doa itu, Allah lantas mengutus malaikat untuk membawanya kesuatu tempat, yaitu disebuah bukit yang jauh dari keramaian, yang diatasnya memancurkan air yang sejuk lagi manis dan dikelilingi aneka buah. Hamba itu kemudian menepati janjinya beribadah terus siang dan malam, tiada waktu yang tersisa untuk beribadah, makan dan minum sekedarnya. Ia melakukan hal itu hingga 500 tahun lebih lamanya, sampai akhirnya wafat.

Di akhirat kemudian, Allah berfirman kepada Malaikat Ridwan: Masukkan ia kedalam surgaKu karena RahmatKu”. Hamba itu seketika terkejut dan protes: Wahai Tuhanku mengapa engkau memasukkan aku ke surga karena rahmat Mu bukan karena amalku?. Lebih dari 500 tahun aku beribadah kepadamu dan tidak semua hambamu mampu melakukannya.”

Allah kemudian berfirman : “Masukkan ia kedalam surgaKu karena RahmatKU” Hamba itupun kemudian lantang berseru: Wahai Tuhanku Engkau belum menjawab pertanyaanku?.  “Apakah engkau ingin Aku memasukkanmu ke neraka? Firman Allah kepadaNya. “Jika demikian masukkan ia kedalam neraka saja” lanjut Allah memerintahkan malaikat Malik.

“Jangan TuhanKu, saya tidak mau masuk neraka” seru hamba itu dengan gemetar. Lalu Allah berfirman : Sesungguhnya amal ibadahmu tidak ada nilainya dihadapanKu, engkau bisa beribadah seperti itu karena engkau sehat, lalu siapakah yang memberimu kesehatan? Engkau bisa tenang dan aman beribadah kepadaKu, lalu siapakah yang memberimu rasa nyaman dan aman? Apa yang kamu butuhkan tercukupi sehingga engkau dengan mudah bisa beribadah, lalu siapa yang mencukupimu?.

Sadarlah si hamba itu. Lalu ia menjawab: “Yang melakukan semua itu tak lain adalah Engkau, wahai Tuhanku! sungguh maha besar RahmatMu kepadaku” “Maka masukkanlah ia kedalam surgaKu karena RahmatKu”, Perintah Allah kepada malaikat Ridwan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s