Pengaruh makanan haram pada keluarga

halal haram

Dalam keluarga hadirnya anak adalah pembawa sukacita sekaligus ujian. Bila pasangan atau seorang istri merupakan ujian bagi suami dengan adanya anak bertambahlah ujian bagi dirinya.

Dengan adanya anak akan menjadikan seorang suami akan bertambah amanatnya di hadapan Allah tidak saja terkait dalam memberi nafkah namun  sebagai kepala keluarga wajib untuk dapat membimbing istri dan anak-anaknya  sehingga dapat menjalankan agama dengan baik sebagaimana  :

Firman Allah : Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka (Attahrim : 6).

Selanjutnya dalam keseharian teladan yang baik dibutuhkan disamping nasehat dari seorang suami dalam menuntun anggota keluarga yang dipimpinnya dalam  mencapai tujuannya

Suami menjaga keluarga dari makanan haram

Satu hal penting tanggung jawab seorang suami adalah memberi nafkah keluarganya dengan makanan yang halal. Bila dahulu sebelum berkeluarga bila termakan makanan yang haram mungkin hanya ditanggung akibatnya sendiri,

namun setelah berkeluarga, konsekuensinya menjadi lebih besar karena istri dan anak akan menjadi kurban bila dirinya memberikan makanan yang tidak halal kepada mereka.

Bahayanya makanan dengan jalan haram bila masuk akan  berbuah menjadi darah yang akan mengalir ke seluruh tubuh dari anggota keluarga terutama anak. Bila sudah yang haram menjalar keseluruh tubuh akan menyatu dengan daging sehingga akan semakin sulit untuk dibersihkan.

Makanan haram sumber penyakit hati

Dalam konsep Islam itulah yang disebut penyakit. Bila penyakit terkait jasmani / organ tubuh mungkin masih mudah diobati, namun bila ternyata menjalar menjadi penyakit hati akan sangat sulit diobati.

Sabda Nabi Saw : Setiap daging yang tumbuh dari yang haram maka neraka lebih pantas baginya (HR Athabrani).

Hadist ini tidak mengada-ngada yang menyimpulkan bahwa amanat seorang suami amat berat bila sampai  membiarkan neraka masuk dan menguasai kehidupan dari anggota keluarganya melalui makanan yang didapat dengan cara tidak halal tersebut.

Bila demikian wajar bila kehidupan didunia menjadi susah dilalui diri dan anggota keluarganya, karena kehidupan dunia adalah cermin kehidupan diakhirat. maka dari itu sayangilah keluarga dan berusahalah mencari nafkah dengan yang lurus-lurus saja yaitu dengan yang halal lagi berkah.

Keharusan untuk teliti dalam hal harta yang didapat

Karena itu teruslah diri untuk teliti dan waspada dengan harta yang didapat. Karena saat ini sudah menjadi sulit  membedakan harta itu mana yang halal dan mana yang haram.

Rasulullah Saw pernah bersabda: “Akan datang nanti suatu masa, orang-orang tidak peduli dari mana harta yang dihasilkannya, apakah dari jalan yang Halal atau dari jalan yang Haram.” (Hadith Bukhari)

Wallahu a’lam

One thought on “Pengaruh makanan haram pada keluarga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s