Beda Ustadz, Mursyid dan Mufti

UJ-737495

Awalnya saya kerap bingung mengenai perbedaan ketiganya. Semuanya benar sebagai ulama, guru, pendidik dan pengajar terkait ilmu agama. Namun demikian secara sederhana dalam beberapa hal ada perbedaanya terkait dengan perkara yang diajarkan.

Perbedaan ketiganya adalah :

  1. Ustadz adalah pengajar atau guru yang dikhususkan mengajar pada tataran ilmu syareat, fiqih termasuk ilmu adab terkait muamalah. Ilmunya sering disebut ilmu lahir.
  2. Mursyid berasal dari kata irsyada yaitu yang memberi pelajaran yang lebih tinggi dari Ustadz yaitu ilmu terkait Tarekat, Hakikat dan makrifat. Mursyid dibutuhkan sebagai guru pembimbing bagi orang yang akan mempelajari ilmu ini. Mursyid oleh sebagian ulama disebut sebagai pewaris nabi. Ilmunya sering disebut ilmu batin. Dalam beberapa hal mursyid ini disebut juga Hukama atau ahli hikmah
  3. Mufti, tingkatnya lebih tinggi dan berada atau berkemampuan pada  posisi 1 dan 2, karenanya kerap diminta sebagai pemimpin dari organisasi ulama. Seorang Mufti adalah orang yang dapat memberikan fatwa dan anjuran kepada umatnya. Karena itu fatwa yang keluar harus sangat bijaksana dan berdasar pada ketinggian ilmu yang dimilikinya sehingga tidak menimbulkan perpecahan umat.

Sebagian besar Umat Islam menyukai keberadaan Ustadz dan Mufti dalam menggantungkan semua perkara terkait agama Islam, Namun lain halnya dengan Mursyid. Mursyid tidak disukai karena dengan adanya Mursyid terjadi hirarki dalam mempelajari agama.

Sementara mereka yang menentang berpatokan bahwa tidak ada perantara mempelajari Ilmu Allah, cukup hanya Allah dan satu-satunya guru pembimbing adalah Rasul Saw.

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s